Home » , , , » Definisi Teori Ekonomi dan Tokoh - tokohnya

Definisi Teori Ekonomi dan Tokoh - tokohnya

teori ekonomi dan tokoh-tokohnya
Teori Ekonomi – Beberapa waktu lalu kita sudah membaca tentang sejarah ekonomi Indonesia. Di artikel kali ini kami akan membahas tentang sejarah teori ekonomi dan beberapa tokoh – tokoh teori ekonomi itu sendiri. Teori Ekonomi dimulai dari Aristoteles yang hidup di era yunani kuno, kala itu dirinya menyadari bahwa ternyata aktivitas perdagangan atau transaksi tidak hanya bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan semata namun ada juga untuk pengumpulan aset yang potensial secara tidak terbatas. Hal tersebut dinamakan menjadi dua bagian transaksi, yakni natural atau unnatural (tidak natural).

Transaksi natural bersifat transaksi pemenuhan kebutuhan semata dengan pengumpulan kekayaan yang jumlahnya terbatasi oleh tujuan yang akan dikehendaki, sehingga jumlahnya masih terbatas. Sementara transaksi unnatural adalah jenis transaksi yang bertujuan untuk pengumpulan kekayaan yang potensial dengan cakupan yang tidak terbatas.


Perbedaan inilah yang mengusik pengamatan tokoh Arisoteles dahulu dan mengkritik transaksi unnatural yang cenderung bersifat individualistik. Sementara dirinya lebih suka akan transaksi natural yang di matanya, kepemilikan pribadi yang dimiliki seseorang akan membuat orang tersebut berderma dan dapat membantu sesamanya dan menjadi jalan emas atas kehidupan yang baik yang seharusnya dijalani oleh manusia pada umumnya. Itulah teori ekonomi yang ditemukan di zaman yunani kuno, seiring berkembangnya waktu masih ada teori ekonomi di zaman yang lain, seperti beberapa tokoh - tokoh ekonomi yang akan kami jelaskan di bawah ini.

Teori Ekonomi Klasik

Dalam teori ekonomi klasik ini ada beberapa tokoh diantaranya adalah :
1. Adam Smith
Adam Smith mendefinisikan bahwa ekonomi adalah kajian yang berisi tentang sebab - sebab terjadinya kekayaan.

2. F.A. Walker
Senada dengan Adam Smith, F.A. Walker juga memaparkan bahwa ekonomi adalah satu cabang ilmu yang berhubungan dengan kekayaan.

3. David Ricardo
David Ricardo mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai suatu kajian mengenai hukum di dalam berbagai jenis golongan masyarakat.

4. J.B. Say
J.B. Say mendefinisikan ekonomi sebagai suatu kajian tentang peraturan yang bisa menentukan kekayaan.

Teori Ekonomi Neo Klasik

Teori ekonomi ini diwakili oleh beberapa tokoh diantaranya adalah :
1. Alfred Marshall
Alfred Marshall mendefinisikan ekonomi sebagai suatu kajian mengenai semua kelakuan manusia yang berkaitan dengan cara mereka mendapatkan dan menggunakan barang - barang kebutuhan hidupnya.

2. A. C. Pigou
A. C. Pigou mendefinisikan ilmu ekonomi sebagai sebuah kajian dalam rangka untuk menambahkan jumlah pengeluaran yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup.

3. Willian Beveridge
Willian Beveridge mendefinisikan ekonomi sebagai sebuah kajian mengenai berbagai cara manusia untuk bekerjasama dalam upaya mendapatkan keperluan material.

4. Lionel Robbins
Menurut Lionel Robbins ekonomi mengandung artian suatu ilmu yang mendalami tingkah laku manusia yang berkaitan dengan keinginan mereka yang tidak terbatas diantara semua sumber daya yang terbatas.

5. J.S. Mill
Menurut J.S Mill ekonomi berarti suatu ilmu yang berhubungan dengan pengeluaran negara.

Itulah beberapa teori ekonomi yang dikemukakan oleh para tokoh ekonomi dari berbagai zaman, semoga dengan adanya tulisan teori ekonomi ini akan semakin mencerahkan wawasan kita terhadap berbagai teori dan asal usul terciptanya teori ekonomi tersebut hingga akhirnya bisa menjadi ekonomi modern seperti saat sekarang ini.
Advertisement:

3 komentar:

  1. makasih resepnya sangat menarik sekaligus desainnya penuh nilai seni.

    ReplyDelete
  2. trims. ngebantu banget

    ReplyDelete
  3. membatu bngt nie buat ulangan besok,,,,,

    ReplyDelete