Home » , , » Pengertian Lengkap Tentang Ilmu Ekonomi Pertanian

Pengertian Lengkap Tentang Ilmu Ekonomi Pertanian

Ekonomi Pertanian - Ilmu ekonomi pertanian adalah salah satu cabang ilmu baru dalam dunia perekonomian, jika dirunut ke belakang sejarah ekonomi pertanian sebagai salah satu cabang ilmu dimulai dari awal abad 20 tepatnya tahun 1890 dimana saat itu telah terjadi depresi pertanian di Amerika Serikat sehingga dirasa perlu untuk mengembangkan suatu cabang ilmu baru yang dapat mengakomodasi kebutuhan dan keperluan suatu negara akan ilmu ekonomi pertanian yang sesuai sehingga tidak terjadi lagi depresi pertanian di masa yang akan datang.

Universitas Cornell adalah universitas pertama yang mengajarkan ilmu ekonomi pertanian melalui mata kuliah "Economics of Agriculture" pada tahun 1901 dan mata kuliah Farm Management pada tahun 1903, lalu kemudian di susul Universitas Ohio yang mengajarkan ilmu ekonomi pertanian melalui mata kuliah Rural Economics pada tahun 1892. Sejak tahun 1910 mulailah mata kuliah ekonomi pertanian reguler diajarkan ditiap universitas yang ada di Amerika Serikat.


Sementara di Eropa oleh Von Der Goltz pada tahun 1885. Sementar di negara kita sendiri Indonesia, ilmu ekonomi pertanian mulai di ajarkan oleh Prof. Iso Reksohadiprojo dan Prof. Ir. Teko Sumodiwirjo, Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi) yang di bentuk pada bulan Februari 1969 di Ciawi, Bogor semakin mengukuhkan posisi ilmu ekonomi pertanian di indonesia dan di perkuat oleh Repelita pada masa orde baru yang mengukuhkan sektor ekonomi dan pertanian sebagai target utama pembangunan negara.

Kaitan Antara Ekonomi dan Pertanian Dalam Ilmu Ekonomi Pertanian

Di negara Agraris seperti Indonesia bahkan di negara maju sekalipun, sektor pertanian adalah sektor yang tidak dapat dikesampingkan keberadaannya. Karena posisi pertanian yang menopang sektor lain seperti Industri dan pangan, sehingga sektor pertanian menjadi sangat penting keberadaannya. Pangan di dalam ilmu ekonomi masuk dalam salah satu kriteria utama di samping sandang dan papan. Jadi sektor pertanian sebagai penyuplai pangan menjadi salah satu elemen penting bagi perekonomian sebuah negara. Jika di artikan maka definisi ekonomi pertanian kurang lebih berisi ilmu ekonomi yang mempelajari masalah-masalah yang berhubungan dengan pertanian, sehingga dapat dicari penyelesaian dan jalan keluarnya.

Posisi Indonesia Dalam Bidang Ekonomi Pertanian

Seperti sudah dibahas diatas, Indonesia sebagai negara agraris yang sangat menggantungkan diri dari hasil pertanian seperti beras, jagung, singkong, sayuran, buah-buahan dan lain lain sebagai bahan pangan utama yang dikonsumsi masyarakat. Maka jika kita sadari sebenarnya bidang ekonomi pertanian di negara kita adalah salah satu sektor terpenting yang harus diberdayakan, karena hasil pertanian diserap dengan tinggi oleh masyarakat.

Namun itu tidak di sadari oleh banyak pihak banyak lahan-lahan produktif harus alih fungsi dengan perumahan maupun industri begitu pula dengan tenaga ahli yang semakin berkurang dan kurang tertarik pada bidang ekonomi pertanian di banding cabang ekonomi lainnya.
Advertisement:

0 komentar:

Post a Comment