Home » , , » Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Beberapa Ahli

Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Beberapa Ahli

Ilmu Ekonomi – Sebelum kami melanjutkan menulis artikel ekonomi lainnya di blog ini, sebaiknya untuk mempermudah kita semua dalam memahami berbagai informasi ekonomi khususnya tentang ekonomi Indonesia dan umumnya informasi yang masih berhubungan dengan topik ekonomi, maka ada baiknya pada artikel ini akan kami sampaikan definisi dari ilmu ekonomi itu sendiri untuk menambah pemahaman kita.

Definisi dari Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang sering terjadi dan terlihat di kehidupan kita sehari-hari, sehingga kaitannya sangat erat dengan kehidupan kita. Bagaimana cara agar kita mendapatakan pendapatan dengan hanya mengandalkan sumber daya yang tersedia itu juga termasuk ilmu ekonomi, lalu bagaimana cara agar setelah kita mendapatkan pendapat kita bisa memutar pendapatan itu sehingga bisa menjadi investasi yang menghasilkan pendapatan lebih itu juga termasuk ilmu ekonomi.


Sementara itu jika secara definisi, maka ilmu ekonomi bisa di pecah lagi menjadi beberapa definisi menurut para ahli. Agar kita bisa menangkap secara lebih jelas apa makna dan pengertian ilmu ekonomi secara lebih gamblang maka akan lebih baik jika kita melihat definisi ilmu ekonomi menurut para ahli yang berhasil kami rangkum dalam artikel ini.

Berikut Beberapa Definisi Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli


1. Prof. DR. J.L Mey JR
Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari  usaha manusia ke arah kemakmuran.

2. Adam Smith
Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber daya yang terbats guna mencapai tujuan tertentu.

3. Paul  A Samulson
Ilmu ekonomi merupakan ilmu pilihan, ilmu ini mempelajari bagaimana orang memilih menggunakan sumber produksi yang langka atau terbatas untuk memproduksi berbagai komoditi dan menyalurkannya ke berbagai anggota masyarakat untuk segera dikonsumsi.

4. Lionel Robbins
Ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari  tingkah laku manusia dalam hubungannya dalam pemenuhan kebutuhannya yang  langka.

5. Mel Vilye J ulmer
Dia mengatakan bahwa ilmu ekonomi adalah ilmu pengetahuan tentang kegiatan-kegiatan manusia yang berhubungan dengan proses produksi, distribusi dan konsumsi.


Itulah diantara beberepa definisi ilmu ekonomi menurut para ahli, walaupun memiliki beberapa pandangan dan pengertian secara garis besar ilmu ekonomi memiliki beberapa kesamaan yakni berawal dari kewajiban manusia untuk memenuhi kehidupannya dan hidup dengan makmur di tengah sumber daya yang sangat terbatas.

Maka itulah manusia dituntut untuk berpikir dan mencari cara bagaimana agar bisa memenuhi semua kebutuhan di tengah semua yang terbatas. Itu adalah definisi dan pengertian ilmu ekonomi lalu bagaimana manfaat dari kegunaan ilmu ekonomi untuk kehidupan kita.

Sebenarnya masih banyak lagi para ahli yang mendefinisikan tentang ilmu ekonomi, namun kami rasa kutipan dari beberapa ahli di atas sudah cukup memberikan kesimpulan pada anda tentang definisi ilmu ekonomi yang sebenarnya. Bukankah demikian? Dan berikut ini juga yang tak kalah pentingnya adalah mengetahui apa manfaat dari memahami dan mempelajari ilmu ekonomi.

Beberapa Manfaat Mempelajari Ilmu Ekonomi


  • Dengan mempelajari ilmu ekonomi, membuat manusia lebih mahir dan menguasai cara memanfaatkan ekonomi yang baik dan benar sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Bisa mengetahui wujud perilaku ekonomi dalam kehidupan nyata
  • Timbul pemahaman dan kesadaran akan keterbatasan potensi yang dimiliki oleh manusia dan lingkungan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan setelah mempelajari ilmu ekonomi yang puncak dari semua tujuan itu adalah agar masalah ekonomi yang terjadi di sekitar kita dapat segera teratasi. Kaitannya yang sanagt kuat dengan kehidupan sehari-hari kita membuat ilmu ekonomi menjadi penting adanya untuk dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan nyata sehari-hari.

Advertisement:

1 komentar: