Home » , , » Pengertian Lengkap Pengantar Ekonomi dan Manfaatnya

Pengertian Lengkap Pengantar Ekonomi dan Manfaatnya

Pengantar Ekonomi - Pengantar Ekonomi adalah mata kuliah yang sering diberikan oleh universitas kepada mahasiswa yang bertujuan untuk mengetahui struktur dan ilmu ekonomi. Karena pentingnya posisi ilmu ekonomi, mata kuliah pengantar ekonomi pun tidak hanya diajarkan berkisar di fakultas yang bersinggungan langsung dengan ekonomi saja.

Namun jurusan lain pun mendapatkan materi pengantar ekonomi juga walaupun porsinya berbeda dengan fakultas ekonomi sebenarnya, pemberian materi tersebut bertujuan memberikan pengenalan dan ilmu agar mereka mengetahui ilmu-ilmu bermanfaat yang di ajarkan dalam pengantar ekonomi.


Materi-materi Pengantar Ekonomi

Pengantar Ekonomi Makro
Pengantar ekonomi makro ini adalah materi pelajaran yang berfokus pada materi ekonomi makro yang merupakan sebuah cabang ekonomi yang meiliki skala dan pengaruh yang cukup besar dalam perekonomian. Seperti inflasi, pertumbuhan ekonomi, perkembangan pembangunan dan lain sebagainya.

Pengantar Ekonomi Mikro
Kebalikannya dari pengantar ekonomi makro, pengantar ekonomi mikro mempelajari ilmu ekonomi untuk skala yang lebih kecil dan pengaruhnya juga lebih kecil. Namun pengaruh - pengaruh kecil tersebut jika di akumulasi bisa mempengaruhi ekonomi makro secara keseluruhan. Jadi walaupun ekonomi mikro ini berskala kecil tetapi manfaatnya tidak kalah besar untuk perekonomian. Contoh dari ekonomi mikro adalah pasar, ikm (industri kecil menengah), kerajinan dan lain sebagainya.

Pengantar Ekonomi Pembangunan
Ilmu Ekonomi Pembangunan merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari bagaimana caranya membangun sebuah masyarakat dan negara agar negara tersebut bisa lebih berkembang dan bisa membangun perekonomiannya dengan lebih baik lagi.

Pengantar Ekonomi Islam
Suatu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari tentang ilmu ekonomi Islam yang sesuai dengan syariah. Sistem ekonomi syariah merupakan salah satu cabang sistem ekonomi alternatif diantara ekonomi global yang kian tak menentu.

Pengantar Ekonomi Pertanian
Suatu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari mengenai ilmu ekonomi yang bisa diimplementasikan dalam hal cabang pertanian. Sehingga cabang pertanian yang di geluti bisa memperoleh hasil lebih baik.

Pengantar Ekonomi Hukum
Materi yang mempelajari mengenai dasar-dasar hukum dan peraturan yang berhubungan dengan perekonomian. Sehingga perekonomian dalam sebuah negara bisa berjakan dengan baik.

Itulah beberapa ilmu pengantar ekonomi yang sering diberikan kepada mahasiswa di Universitas, selain dari jenis dan definisi ilmu pengantar ekonomi di atas juga terdapat beberapa manfaat bagi yang mempelajarinya lebih dalam lagi. Berikut beberapa manfaat tersebut.

Manfaat Belajar Pengantar Ekonomi


  • Memberi pengetahuan yang cukup mengenai ilmu ekonomi terutama kepada mahasiswa yang di luar jurusan ekonomi, sehingga saat berkehidupan dan bermasyarakat bisa mengeimplementasikan dasar - dasar ilmu ekonomi yang sudah dimiliki.
  • Memberikan gambaran seperti apa ilmu ekonomi yang sebenarnya sehingga mahasiswa/pelajar yang awam bisa mengetahui ilmu ekonomi dan diterapkan saat membuka usaha atau enterpreneur.


Itulah beberapa tinjauan, jenis dan manfaat ilmu pengantar ekonomi yang bisa menjadi pencerahan bagi pembaca dan pencari info mengenai pengantar ekonomi.
Advertisement:

0 komentar:

Post a Comment