Home » , , , » Strategi Peningkatan Ekonomi Pembangunan di Indonesia

Strategi Peningkatan Ekonomi Pembangunan di Indonesia

Ekonomi Pembangunan - Kemarin kita sudah membahas tentang dua fakultas ekonomi terbaik di Indonesia. Nah, kali ini kami memuat artikel tentang ekonomi pembangunan, khususnya ekonomi pembangunan di Indonesia.

Menghitung atau mengukur suatu ekonomi pembangunan di Indonesia tidak hanya bisa sekedar melihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) dan pertumbuhan ekonomi yang di dapatkan negara Indonesia. Karena hitung-hitungan PDB dan besaran pertumbuhan ekonomi adalah hitung-hitungan yang terjadi di permukaan, tidak melihat aspek menyeluruh pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan yang di dapatkan oleh masyarakat.


Selain itu PDB adalah hitungan pendapatan rata-rata masyarakat, sementara pertumbuhan pembangunan tidak melihat esensi dan manfaat pertumbuhan ekonomi terhadap masyarakat. Jadi selain menghitung PDB serta mengukur besaran pertumbuhan ekonomi, melihat kondisi pendapatan masyarakat serta manfaat pembangunan terhadap masyarakat adalah salah satu cara mengukur ekonomi pembangunan yang relevan dan benar di mata pembangunan ekonomi negara.

Patokan keberhasilan Ekonomi Pembangunan di Indonesia

  • Pendapatan Nasional
Pendapatan nasional Indonesia tidak di ragukan lagi terus bertumbuh meningkat dan berkembang seiring dengan stabilnya kondisi perekonomian di Indonesia dan banyaknya investasi yang di tanamkan.

  • Produk Domestik Bruto
Seperti yang sudah di beberkan di paragraf pertama PDB Indonesia mencatatkan pertumbuhan yang cukup memuaskan dengan pertumbuhan Triwulan III/2012 PDB Indonesia Tumbuh 6,29 Persen, jika stabilitas ekonomi Indonesia bisa terjaga maka bukan tidak mungkin di tahun 2013 bisa menembus 7 persen.

  • Perkonomian yang stabil
Perekonomian Indonesia cukup stabil walaupun di warnai gejolak kaum buruh yang menuntut pertambahan pendapatan tetapi hal itu di sinyalir tidak akan mempengaruhi stabilitas perekonomian secara nasional.

  • Kesempatan kerja
Ini yang sering luput dari catatan pemerintah Indonesia dimana pertumbuhan ekonomi dan PDB yang terus meningkat tidak di sertai dengan kesempatan lapangan kerja yang cukup untuk masyarakat.

  • Distribusi pendapatan yang merata
Ini juga salah satu yang masih menjadi permasalahan utama di Indonesia dimana distribusi pendapatan dan pemerataan masih belum terjadi dengan baik.

Itulah sebagian dari patokan keberhasilan pembangunan ekonomi di Indonesia.

Strategi Ekonomi Pembangunan Indonesia


Ini poin yang paling penting harus ada dalam strategi ekonomi pembangunan yang tepat, agar pendapatan PDB dan pertumbuhan ekonomi yang terus meningkat di barengi juga dengan kesempatan kerja yang luas serta distribusi pendapatan yang merata.

Poin pertama adalah penataan ruang, Seperti di ketahui Indonesia terdiri dari berbagai kawasan yang terdiri dari kepualauan yang tersebar di seluruh Indonesia, maka penataan ruang tidak hanya lagi sekedar kawasan di daratan melainkan berbentuk kelompok kepulauan.
  • Pembangunan ekonomi berbasis pendidikan, teknologi dan jasa tepusat di jawa, batam dan bali
  • Pembangunan ekonomi berbasis kelautan di kembangkan di Indonesia timur seperti sulawesi, papua, maluku, ntt dan ntb,
  • dan pembangunan ekonomi sumber daya mineral dan tanaman industri di kembangkan di sumatera serta kalimantan

Nantinya semuanya di kelola dan di kembangkan dengan baik bersinergi antyar semua daerah saling melengkapi dan menyempurnakan. Sehinnga pemerataan pendapatan dan perluasan lapangan kerja terbuka luas di tiap daerah dan ekonomi pembangunan bisa tercipta dengan baik.
Advertisement:

1 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete