Home » , , » Ekonomi Indonesia : 6 Tips Hemat Menggunakan Uang

Ekonomi Indonesia : 6 Tips Hemat Menggunakan Uang

Ekonomi Indonesia - Satu permasalahan yang umumnya dirasakan oleh semua kalangan dari mulai remaja, dewasa, bahkan kalangan tua, yaitu mayoritas mereka kesulitan untuk melakukan penghematan uang agar tidak cepat boros. Ditambah lagi munculnya beragam kebutuhan yang kurang di dukung oleh kondisi ekonomi di Indonesia. Apakah itu juga anda alami?

Sebenarnya, titik kelemahan manusia umumnya dalam menghemat uang adalah pada manajemen keuangan itu sendiri. Hal ini banyak disampaikan oleh para pakar ekonomi dan sejumlah konsultan keuangan. Pada kenyataannya, banyak sekali yang mengeluarkan uang yang seharusnya untuk keperluan satu bulan, namun sudah habis hanya dalam beberapa hari saja. Jika benar hal ini yang sedang anda rasakan, silakan baca tips hemat uang di bawah ini.

Inilah 6 Tips Hemat Menggunakan Uang Guna Menghadapi Prediksi Buruk terhadap Ekonomi Indonesia

Tips 1 : Pahami Bahwa Kebutuhan dan Keinginan adalah 2 hal yang berbeda
Pahamilah bahwa kebutuhan adalah sesuatu yang memang harus anda penuhi. Jika tidak maka dampaknya akan buruk terhadap anda. Contohnya seperti makanan, pakaikan, tempat tinggal, atau rumah. Beda dengan yang namanya keinginan. Keinginan iu sifatnya hanya untuk melengkapi yang terdapat dalam beberapa pilihan. Jika tidak anda miliki, maka tidak akan berdampak negatif pada anda. Anda yang tahu mana kebutuhan dan keinginan anda. Jadi agar anda tidak boros, berhati-hatilah dalam mengeluarkan uang untuk memenuhi keinginan anda.
Tips 2 : Ketahui Bahwa Anda Memiliki Batas Kemampuan
Memang setiap orang memiliki kemampuan dalam hal keuangan yang berbeda-beda. Namun, dapat dipastikan bahwa setiap orang memiliki batas dari kemampuan keuangannya itu. Termasuk anda.
Berarti, anda dituntut untuk benar-benar selektif dan pandai dalam mengerluarkan uang anda. Dan anda juga dituntut harus pintar untuk menabung dan menyisihkan uang anda untuk keperluan di masa yang akan datang. Investasi adalah salah satu contoh yang menguntungkan anda.
Tips 3 : Belanja Hemat dan Tepat
Peningkatan pendapatan yang anda alami, biasanya dapat membuat anda terbuai untuk membelanjakan uang anda lebih banyak lagi. Hati-hatilah dalam situasi seperti ini. Jangan sampai anda terbuai dengan kondisi itu. Anda tetap harus bisa memilih mana yang harus anda beli dan mana yang tidak perlu untuk anda beli sekarang.
Tips 4 : Gunakan Uang Anda untuk Mencari Uang
Begini, jika anda memiliki uang, itu artinya anda memiliki dua kesempatan. Yang pertama adalah membelanjakan uang tersebut sampai habis. Dan yang kedua adalah menggunakan uang tersebut untuk dikembangkan agar anda mendapatkan kelipatan hasil dari pengembangan uang tersebut. Bisa saja anda membuka cabang dari usaha anda. Atau anda ikuti pelatihan untuk meningkatkan SDM anda, dan lain sebagainya.
Tips 5 :  Gali Potensi Anda
Sebenarnya, setiap orang punya kesempatan untuk mendapatkan kenaikan gaji ditempatnya bekerja. Tapi anda harus paham bahwa kesempatan untuk mendapatkan kenaikan gaji hanya dimiliki oleh orang-orang yang punya keahlian khusus di bidangnya yang tidak dimiliki oleh orang lain. Anda bisa memiliki daya tawar yang lebih tinggi dari orang lain dalam negosiasi gaji. Jika kemampuan yang anda miliki sama dengan banyak orang, maka kesempatan anda untuk naik gaji juga terbatas.
Tips 6 : Maksimalkan Nilai Uang Anda
Umpama anda punya uang Rp 100 juta, sebaiknya berpikirlah bagaimana uang anda tersebut dapat tumbuh dan bertambah  dalam 5 atau 10 tahun ke depan. Solusinya, anda dapat memilih instrumen investasi yang memberi imbal hasil menarik seperti obligasi, saham dan investasi lain.
Nah, itulah 6 tips hemat menggunakan uang yang mungkin dapat memberi inspirasi pada anda tentang bagaimana cara hemat dan tepat menggunakan uang anda. Juga untuk menyesuaikan kondisi keuangan anda dengan situasi ekonomi Indonesia sekarang ini. Apalagi dengan prediksi ekonomi Indonesia 2013 yang mungkin akan menjadi lebih buruk dari tahun 2012 seperti yang dikatakan oleh para pengamat ekonomi. Dan mungkin masih banyak tips-tips hemat lain yang dapat membantu anda mengatasi masalah keuangan anda. Dan ingatlah bahwa penerapan adalah salah satu kunci dari setiap keberhasilan.
Advertisement:

0 komentar:

Post a Comment