Home » , , » Arti Sosial Ekonomi yang Sesungguhnya

Arti Sosial Ekonomi yang Sesungguhnya

arti sosial ekonomi yang sesungguhnya
Sosial Ekonomi - Sosial mengandung arti segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat, sementara itu ekonomi memiliki artian sebagai ilmu yang berhubungan dengan asas produksi, distribusi, pemakaian barang serta kekayaan. Sekilas Sosial dan Ekonomi seperti dua hal dan cabang ilmu yang berbeda, namun diantara keduanya sebenarnya terdapat kaitan yang erat. Salah satu kaitan yang erat tersebut adalah, Jika keperluan ekonomi tidak terpenuhi maka akan terdapat dampak sosial yang terjadi di masyarakat kita.

Jadi bisa dijadikan kesimpulan adalah bahwa sosial ekonomi mengandung pengertian sebagai segala sesuatu hal yang berhubungan dengan tindakan ekonomi dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat seperti sandang, pangan dan papan. Untuk lebih jelasnya lagi kami juga telah menuliskan beberapa dampak sosial ekonomi seperti di bawah ini.


Contoh Dampak Sosial Ekonomi di Masyarakat

Dampak sosial yang terjadi di masyarakat akibat tidak terpenuhinya faktor ekonomi yang banyak terjadi di sekitar kita. Berikut beberapa contoh dampaknya.

1. Kesenjangan sosial
Sejatinya pertumbuhan ekonomi yang tinggi di suatu negara maka bisa juga ikut mendongkrak status dan pendapatan seluruh lapisan masyarakat. Namun hal tersebut tidak akan terjadi jika tidak dilakukan kajian menyeluruh akan manfaat dan keuntungan yang di dapatkan dari pertumbuhan ekonomi negara. Yang terjadi adalah semakin tingginya jurang kesenjangan sosial di masyarakat akibat yang merasakan kemakmuran dari pertumbuhan ekonomi hanya kalangan lapisan masyarakat menengah ke atas sementara kalangan masyarakat menengah ke bawah masih bergelut dengan kekurangan dan tidak bisa ikut merasakan keuntungan dari pertumbuhan ekonomi negara.

2. Kekerasan etnis dan kelompok
Ontoh kasus dampak sosial ekonomi ini sering terjadi di Indonesia, timpangnya perekonomian mengakibatkan masyarakat tidak bisa mengenyam pendidikan tinggi, merasakan kemakmuran dan pemerataan pembangunan. Akhirnya masyarakat yang berada dalam lingkup seperti ini jadi gampang terpengaruh dan tersulut, tidak memiliki pendirina sendiri dan cenderung gampang sekali terprovokasi baik oleh masa ataupun oleh tokoh yang mereka anggap lebih pintar. Inilah yang menyebabkan suatu daerah rawan sekali dengan konflik tidak memikirkan lebih dalam akibat jangka panjang dari konflik tersebut.

3. Kekerasan dalam rumah tangga
Ini adalah contoh dampak sosial ekonomi yang ketiga, walaupun ekonomi bukanlah alasan utama namun dalam beberapa kasus kekerasan dalam rumah tangga faktor ekonomi lah yang jadi pemicu utama. Akibat tidak tercapainya suatu kebutuhan masyarakat dalam lingkup keluarga jadi bersumbu pendek, tidak berpikir panjang salah satu akibatnya adalah karena beban hidup yang tinggi dan berlangsung berkepanjangan.

Solusi Mengatasi Dampak Sosial Ekonomi

Solusi atas permasalahan sosial ekonomi tersebut sebenarnya dapat dikatakan mudah juga susah, mudahnya karena kita tahu sumber utama masalahnya, namun sulitnya susah juga untuk mengatasi masalah tersebut karena pemerintah harus lebih tanggap dan peduli terhadap kurang meratanya pembangunan dan perekonomian di masyarakat kita. Dari beberapa referensi yang berhasil kami catat dan kami simpulkan di sini adalah bahwa tidak ada cara lain selain mulai dengan memeratakan pembangunan, perluas akses pendidikan di daerah terpencil, lalu perkuat dan benahi ekonomi mikro. Karena inilah ekonomi utama penunjang kesejahteraan masyarakat.

Advertisement:

3 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai dampak sosial ekonomi, silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya

    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2911/1/74-Pengungkapan%20Corporate%20Sosial%20Responsibility%20(CSR).pdf
    semoga bermanfaat yaa :)

    ReplyDelete
  2. Trimakasih infonya sgt bermanfaat. Kebetulan sy mw ambil topik riset mengenai socio economy dan economic behaviour di negara sdg berkembang. Apa ada resensi bacaan lain yg mendukung? Terimakasih sblmnya

    Email sy: eva.sianipar@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas ulasannya, sangat bermanfaat. Kebetulan saya ingin membuat ide riset mengenai socio-economic dan economic behaviour di negara sedang berkembang. Apa ada resensi artikel lain mengenai topik yg serupa?

    Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete