Home » , , » Posisi Ekonomi Indonesia di Mata Dunia

Posisi Ekonomi Indonesia di Mata Dunia

posisi ekonomi indonesia di mata dunia
Ekonomi Indonesia - Sebelum kita bahas lebih jauh tentang posisi perekonomian Indonesia di tingkat dunia, ada baiknya anda membaca informasi tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia 2013 yang tentunya masih ada kaitannya dengan posisi perekonomian Indonesia di tingkat dunia. Sebagai bahan kajian tambahan kemarin juga sudah kami tulis lagi artikel tentang sosial ekonomi yang tentunya hal ini akan semakin menambah wawasan kita dalam bidang perekonomian. Nah, mari kita lanjut ke bahasan utama pada artikel ini sesuai dengan judul di atas.

Perekonomian dunia masih di dominasi oleh kekuatan lama dari negara-negara besar seperti Amerika Serikat, Uni Eropa dan negara-negara Asia timur seperti China, Jepang dan Korea. Ketiga negara tersebut telah mulai meyeruak dalam persaingan besar ekonomi dunia dan menatang perekonomian AS dan Uni Eropa yang telah lebih dulu maju.


Jika kita mencermati lebih jauh tentang posisi dan peta ekonomi dunia tersebut lalu sebenarnya posisi ekonomi indonesia di mata dunia itu seperti apa, karena ekonomi Indonesia menunjukan gejala yang stabil dan tahan krisis, dan menurut beberapa pihak di yakini memiliki posisi yang cukup bagus di dunia. Berikut coba kami paparkan posisi ekonomi indonesia di mata dunia.

Posisi Ekonomi Indonesia di mata Dunia di Tingkat Regional

Untuk kawasan regional, dalam hal ini Asia dan Asean, Indonesia memiliki catatan petumbuhan ekonomi yang cukup menggembirakan dengan pertumbuhan ekonomi mencapai angka 6,3 persen di tahun 2013 yang lalu, hanya kalah tipis dengan negara China yang ternyata mengalami pertumbuhan ekonomi sebesar 7,7 persen. Dan di tahun 2013 ditargetkan lagi untuk meningkat sampai dengan 6,5 persen.

Untuk mendukung upaya peningkatan pertumbuhan tersebut maka pemerintah dalam hal ini di sampaikan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa baru-baru ini mengatakan bahwa, memperkuat pertumbuhan ekonomi domestik adalah salah satu target kita yang akan dicanangkan pemerintah. Lalu yang kedua adalah menjaga daya beli masyarakat agar tetap tinggi agar laju inflasi bisa ditekan dan melancarkan distribusi barang. Sementara untuk kawasan Asean, posisi Indonesia menjadi negara yang tahan akan hantaman krisis dibanding negara-negar Asean lainnya. Itulah posisi ekonomi indonesia di mata dunia di tingkat regional serat kiat-kita mempertahankannya.

Posisi Ekonomi Indonesia di Mata Dunia di Tingkat Global

Untuk tingkat global atau tingkat dunia, Indonesia adalah salah satu negara berkembang yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik disamping China dan India, Jika bisa meningkatkan produktivitas sumber daya manusia dan melakukan efisiensi dalam hal bidang energi maka menteri perkonomian Agus Martowardojo optimis bahwa Indonesia bisa masuk jajaran peringkat tujuh besar pertumbuhan ekonomi dunia.

Hal ini tidak terlepas dari faktor ekonomi pembangunan, pengelolaan energi, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta peningkatan produktivitas sektor pertanian disinyalir akan menjadi sektor utama yang bisa mencapai target tersebut di samping dengan mempertahankan pertumbuhan ekonomi dan stabilitas yang sudah di milki sekarang. Kelas menengah yang terus meningkat di anggap salah satu faktor yang akan mempertkuat perekonomian Indonesia karena dengan bertambahnya kelas menengah akan menambah juga belanja masyarakat yang berguna bagi perekonomian negara.

Saat ini di Indonesia di perkirakan telah ada peningkatan kelas menengah samapi di angka 90 juta jiwa. Peningkatan kelas menengah yang terjadi di Indonesia ini hanya kalah oleh negara lainnya yang juga memiliki penduduk yang banyak dan mencatatkan perkembangan ekonomi bagus yakni China dan India. Itulah sekilas tentang posisi ekonomi indonesia di mata dunia.


Advertisement:

2 komentar:

  1. penulis artikelnya namanya siapa?

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete