Home » , , » Pengaruh Industri Game Online Terhadap Ekonomi Indonesia

Pengaruh Industri Game Online Terhadap Ekonomi Indonesia


Ekonomi Indonesia - Dalam perkembangan pembangunan ekonomi indonesia banyak unit-unit usaha dan industri yang turut mempengaruhi pertumbuhan ekonomi indonesia. Beberapa dekade sebelumnya permainan elektronik yang sering dinamakan game banyak orang mengasumsikan dengan bersenang-senang. Akan tetapi, banyak aspek lainnya yang dapat ditelusuri dari dunia game ini misalnya dari sisi aspek pendidikan, pemberdayaan masyarakat, hingga yang paling menrik untuk diperbincangkan adalah dari sisi dunia bisnis. Hal itulah yang akan kami coba bahas dalam artikel ini tentang Pengaruh Industri Game Online Terhadap Ekonomi Indonesia.

Perkembangan Industri Game Online di Indonesia serta Pengaruhnya terhadap Ekonomi Indonesia

Perkembangan Industri Game Online di Indonesia sangat pesat. Mulai dari tahun 2010 yang lalu sudah diprediksi akan menghasilkan sekitar 400 game baru dari 42 pengembang yang sudah ada saat itu, kenyataannya saat ini di awal tahun 2013 terbukti sudah ada lebih dari 900 game yang dibuat dan dikembangkan oleh lebih dari 100 developer game. Perkembangan Game Online di Indonesia yang begitu pesat ini sayangnya masih belum mampu menyaingi industri Game Online di luar negeri. Salah satu permasalahan klasik yang dihadapi industri Game Online Nasional adalah proses pembuatan design game atau perancangan model game. Proses inilah yang merupakan proses yang sangat penting dalam perkembangannya karena desain game yang bagus akan menjadi media yang sangat efektif untuk berbagai bidang. Bukan hanya dalam hal hiburan, tetapi juga pendidikan, pemasaran, bisnis, maupun riset dan pengembangan. Sehingga Industri Game Online dapat memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi indonesia.

Pondasi Kemajuan Game Online di Indonesia 

Pada dasarnya industri Game Online memang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Lebih-lebih karena game online ini menyasar segmen dari remaja hingga dewasa yang selalu berganti-ganti generasinya. Namun, apakah kita sadar jika sekarang ini industri game online hanya para gamer saja yang mendapatkan perhatian dari publisher game online. Sedangkan Game Plaza / Game Centre sebagai partner dari publisher justru sebaliknya. Namun ini peluang bisnis yang ditangkap oleh salah satu publisher / developer game online yang sangat peduli terhadap perkembangan bisnis industri game online adalah Asiasoft. Dengan komitmennya untuk memajukan industri game online tersebut, Asiasoft mensosialisasikan program cybercafe. Ini merupakan program bagi pemilik warnet game online (gameplaza / game centre) yang tujuan utamanya adalah menyediakan servis/pelayanan kepada pelanggan game online di seluruh Indonesia. Karna banyak warnet game online bangkrut bukan karena pelayanan publisher game online yang tidak baik namun lebih pada pengelolaan dan pelayanan customer yang sangat minim dirasakan oleh para gamers ketika bermain di warnet game online biasa.  Hal ini sangat berpengaruh dalam perkembangan dan pertumbuhan Industri Game Online Terhadap Ekonomi Indonesia pada umumnya.

High Profit Industri Game Online di Indonesia

Sebut saja diantaranya pengusaha warnet game online terbesar saat ini RitteR Cyber Cafe yang beralamat di Tanjung Duren Utara III F Blok C No. 92 Jakarta Barat (Belakang Citraland dan Untar 2) ini adalah bukti kesuksesan dari sebuah Industri Game Online yang dapat menghasilkan Nett Profit yang maximal sehingga secara tidak langsung berdampak positif dalam pertumbuhan ekonomi indonesia, dengan keberadaan Ritter Cyber Cafe selain memberikan pelayanan terbaik pada gamers yang menikmati Game Online di lokasi tersebut Ritter Cyber Cafe juga telah membuka lapangan pekerjaan bagi kelangsungan bisnis ini..luarr biasa..

Salah satunya lagi seperti P100 Game Plaza yang beralamat di Jl. Moh. Hatta No. 13. RT 01/RW 02 Limau Manis Kampus UNAND Padang Sumatera Barat. Menurut Rizaldy Owner dari P100 Game Plaza sejak tahun 2005 beliau menjalankan bisnis ini "Kini  warnet Game Centre  yang kami kelola (Warnet Organizer) sudah hampir 120 Game Plaza se-Sumatera Barat dan diprediksi Bisnis game online di Indonesia dalam tiga tahun hingga lima tahun ke depan masih akan terus berkembang seiring dengan semakin mudahnya masyarakat mengakses internet  dan Bisnis ini hasilnya sangat menjanjikan jika dikelola dengan manajemen yang baik". Tidak sedikit dampak ekonomi yang diberikan oleh P100 Game Plaza ini, dengan hampir 25 orang karyawan yang bekerja di perusahaan ini sudah menjadi bukti bahwa game online jika dikelola dengan manajemen dan pelayanan yang baik akan menjadi sebuah usaha yang dapat memberikan dampak positif dalam ekonomi indonesia.
 Masih banyak lagi diselurih penjuru nusantara ini para pengusaha-pengusaha muda yang berkecimpung dalam pelayanan Industri Game Online yang notabene mereka juga turut andil dalam memicu pertumbuhan ekonomi indonesia.

video





Advertisement:

2 komentar:

  1. Terima kasih atas informasinya tentang bahasan indutri it sekaitan peluang bisnis game online di indonesia..luaaarrr biasa..!!

    ReplyDelete
  2. Luar Biasa, semoga menjadi perhatian banyak kalangan, jangan hanya melihat satu sisi mata uang kalau sudah berhadapan dengan yang namanya Game. banyak yang benci dan banyak yang cinta.

    Asalkan tidak berlebihan semua akan baik-baik saja

    ReplyDelete