Home » , , » Inilah Manfaat Pembangunan Ekonomi di Indonesia

Inilah Manfaat Pembangunan Ekonomi di Indonesia

Inilah Manfaat Pembangunan Ekonomi di Indonesia
Pembangunan Ekonomi - Beberapa hari yang lalu kami telah menulis sebuah artikel tentang ekonomi pembangunan yang memang kami tulis dan masih ada hubungannya dengan artikel ekonomi kali ini, yaitu tentang pembangunan ekonomi. Pembangunan ekonomi menurut beberapa rujukan dan sumber, mengerucut pada sebuah pengertian dari Wikipedia yang berarti suatu proses kenaikan pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan memperhitungkan adanya pertambahan penduduk dengan disertai oleh perubahan fundamental dalam struktur ekonomi suatu negara dan pemerataan pendapatan bagi penduduk suatu negara. Jadi bisa di artikan bahwa pembangunan ekonomi sangat erat dalam kaitannya sebagai upaya untuk memakmurkan masyarakat.


Selain pengertian di atas, pembangunan ekonomi juga merupakan suatu hal yang sangat penting dalam perjalanan dan pertumbuhan suatu negara dalam posisi mereka di dunia. Dengan pembangunan ekonomi yang bagus serta penduduk yang ikut merasakan kemakmuran maka suatu negara akan semakin terangkat citranya di mata dunia Internasional, sehingga berpotensi akan meningkatkan investasi dari luar negeri untuk turut ikut membangun dan mengembangkan bisnis di dalam negeri.

Struktur Pembangunan Ekonomi Suatu Negara

Jika di runut lebih jauh maka struktur pembangunan ekonomi tidak terlepas dari adanya pertumbuhan ekonomi. Kedua hal ini sangat berkaitan dan tidak dapat di pisahkan, Pembangunan ekonomi suatu negara akan mendorong adanya pertumbuhan ekonomi yang positif bagi sebuah negara sebaliknya pertumbuhan ekonomi yang bagus pun akan memperlancar proses perkembangan pembangunan ekonomi. Adanya pertumbuhan ekonomi yang terus mengalami nilai yang positif adalah indikator bagi keberhasilan sebuah pembangunan ekonomi.

Karena pentingnya suatu pembangunan ekonomi maka sebuah negara yang berkeinginan untuk maju maka harus berusaha untuk menciptakan pembangunan ekonomi yang positif bagi negaranya sendiri, sehingga akan terjadi manfaat dan keuntungan yang besar yang bisa dinikmati oleh masyarakat. Manfaat seperti apakah yang bisa di dapatkan dari adanya pembangunan ekonomi tersebut.

Berikut Beberapa Manfaat Adanya Pembangunan Ekonomi

1. Terciptanya lapangan pekerjaan yang sangat dibutuhkan masyrakat
Dengam adanya pembangunan ekonomi, otomatis sektor-sektor pembanguna salah satunya adalah industri akan maju pesat di mana dalam sektor tersebut membutuhkan banyak tenaga dalam operasionalnya.

2. Memperbaiki tingkat pendapatan nasional
Dengan tersedianya lapangan kerja yang banyak serta terdapat banyaknya posisi dalam pekerjaan, otomatis akan merangsang adanya peningkatan pendapatan nasional.

3. Pelaksanaan kegiatan perekonomian akan berjalan lebih lancar dan mampu mempercepat proses pertumbuhan ekonomi.

Semua sektor ekonomi akan berjalan sinergis bersama dengan pembangunan ekonomi sehingga memperlancar kegiatan perekonomian dan menopang pertumbuhan perekonomian nasional.

4. Ilmu pengetahuan dan teknologi akan berkembang dengan pesat
Dengan adanya pembangunan ekonomi dan terus bertumbuhnya sektor industri dan bidang perkonomian lain, maka akan semakin merangsang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi karena dalam pembanguna ekonomi yang pesat kebutuhan akan ilmu pengetahuan dan teknologi mutlak hukumnya untuk mengimbangi pertumbuhan pembangunan ekonomi.

Itulah beberapa diantara pengertian, struktur serta manfaat dari sebuah pembangunan ekonomi bagi masyarakat suatu negara dalam hal ini Indonesia.
Advertisement:

1 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete