Home » , » Sejarah Perkembangan dan Pertumbuhan Ekonomi India

Sejarah Perkembangan dan Pertumbuhan Ekonomi India

perkembangan ekonomi india
Ekonomi India - Ingin tahu tentang kondisi sistem ekonomi India? Secara umum terdapat peranan penting pemerintah pusat dan pemerintah negara bagian di India dalam membangun dan mengembangkan sistem ekonomi India. Bahkan peran pemerintah hingga mencakup kepemilikin perusahaan publik.

Menurut sejarah ekonomi India, di tahun 1950 terjadi keterlibatan pemerintah yang begitu besar dalam bidang ekonomi yang merupakan wujud rasa sosialisme dan nasionalisme setelah kemerdekaan yang berada di bawah pimpinan Jawaharlal Nehru. Keterlibatan pemerintah saat itu dimaksud guna meningkatkan akselarasi pertumbuhan ekonomi India agar terpenuhinya kebutuhan hidup rakyat India yang semakin bertambah.



Pesatnya Pertumbuhan Ekonomi India

Dimulai pada 1997, terlihat pergerakan pertumbuhan ekonomi India yang mencapai angka rata – rata 7% lebih yang menjadikan turunnya angka kemiskinan penduduk dunia sebesar 10%. Menurut data yang tercatat, tikat pertumbuhan PDB (Produk Domestik Bruto) di tahun 2006 sekitar 9,6%, dan ditahun 2007 sekitar 9%, sedangkan di tahun 2008 sebesar 6,6%.

Para pengamat ekonomi di India saat itu memprediksi pertumbuhan di tahun fiskal yang jatuh pada akhir Maret 2009 akan terjadi pertumbuhan PDB dikisaran 8,5% sampai dengan 9%. Namun hal ini berbeda dari kenyataannya yang hanya mencapai angka 7% disebabkan adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi India akibat krisis keuangan.

Salah satu negara yang menjadi mitra perdagangan utama India adalah Amerika Serikat. Nilai total perdagangan bilateral antar India dan Amerika di tahun 2008 sudah mencapai angka $50 milyar. Saat itu Amerika Serikat mengekspor peralatan laboratorium kesehatan, pesawat dan suku cadangnya, mesin – mesin canggih, besi tua, perangkat komputer, dan sebagainya. Sebaliknya, India banyak mengekspor berbagai macam hasil tekstik, hasil pertanian, logam mulia dan permata, bahan kimia, dan lain sebagainya ke Amerika Serikat.

Saat itu pun ekonomi India semakin tumbuh dan terdorong pesat berkat peningkatan pada sektor perangkat lunak yang sangat membantu memodernisasi perekonomian di India. Sebagai contoh perangkat komputer pribadi mencapai angka 14 dalam 1000 orang. Dan di tahun 2010 penggunaan perangkat telpon selular mencapai angka 300 juta pengguna.

Sedangkan di tahun 2009, Produk Domestik Bruto India mencapai nilai $1200 Triliun lebih yang menjadikan ekonomi India saat itu menjadi negara dengan ekonomi terbesar urutan ke – 11 dunia. Namun, apabila paritas daya beli yang menjadi indikator, maka ekonomi India justru berada di urutan ke – 4 terbesar di dunia, yaitu berada pada angka $3.560 Triliun.

Dengan tercapainya pertumbuhan PDB rata – rata India di angka 5,8% dalam 2 dawasarwa terakhir menjadikan India termasuk negara yang perekonomiannya tumbuh dengan sangat cepat.

Sektor Wisata Pendongkrak Ekonomi India

Beberapa sektor kebanggaan yang menyumbangkan pemasukan besar bagi ekonomi India adalah sektor pertambangan, sektor tekstil, indursti, dan teknologi informasi, dan pariwisata. Dari berbagai sektor tersebut menjadikan India termasuk negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup pesat dibanding negara lain di Asia.

Khusus untuk sektor Pariwisata, India termasuk salah satu negara yang memiliki tempat – tempat wisata yang terkenal di dunia. Salah satunya adalah Taj Mahal, yaitu sebuah Istana yang ada di wilayah Agra, India. Taj Mahal ini merupakan bangunan yang dihadiahkan oleh seorang Kaisar bernama Mughal untuk istrinya yang bernama Mumtaz Mahal.

Taj Mahal mendorong ekonomi india


Tidak tanggung – tanggung, pembangunan Taj Mahal ini sendiri memakan waktu hingga 23 tahun lamanya. Atas dasar itulah mengapa Taj Mahal ini termasuk salah satu dari 7 keajaiban dunia. Nah, dari sektor pariwisata ini pula lah yang turut mendongkrak meningkatnya ekonomi India.

Industri Otomatif Turut Menyokong Ekonomi India

Anda kenal dengan TVS Motor, bukan? Yah, itulah salah satu produk otomotif besutan pabrikan asal India, TVS Motor Company. Perusahan TVS Motor ini sendiri merupakan produsen kenderaan roda dua ketiga terbesar di India yang masuk dalam 10 besar di dunia. Sangat lumrah memang jika TVS Motor Companya punya andil yang besar dalam menyokong ekonomi India.

TVS Motor penyokong ekonomi India


Tidak hanya itu, dalam rangka pengembangan sayap, TVS Motor sebenarnya masih merupakan anak sebuah perusahaan ternama TVS Group yang jumlah karyawannya saat ini sekitar 40 ribu orang lebih dengan total konsumen mencapai 15 juta orang lebih. Wajar saja dengan konsumen sebanyak itu tentu ekonomi India terus mengalami peningkatan.

Bukti kemampuan India dalam memproduksi kenderaan roda dua yang ditangani oleh TVS Group yang keberhasilan diperolehnya Penghargaan Deming di tahun 2002 silam berkat konsistensi dan komitmen TVS Group dalam menjaga mutu dan kualitas produknya.
Advertisement:

0 komentar:

Post a Comment