Home » , , » Inilah Mengapa Perekonomian Amerika Unggul di Dunia

Inilah Mengapa Perekonomian Amerika Unggul di Dunia

Perekonomian Amerika – Perekonomian Negara Amerika merupakan salah satu sistem perekonomian yang memiliki pengaruh penting dalam sejarah perekonomian dunia. Bahkan dengan segala pengaruhnya tersebut yang menyeluruh di muka bumi ini menjadikan Amerika sebagai negara yang menjadi panutan bagi negara lain khususnya dalam hal pembangunan sistem perekonomian.

Pada awalnya, perekonomian Amerika tidak berbeda jauh dari negara lainnya. Namun karena rakyat Amerika menjunjung tinggi pengabdian terhadap kepentingan demokratis yang akhirnya menjadikan negara ini sebagai negara yang kuat dalam berbagai bidang di banding negara lain, termasuk dalam bidang perekonomian.


Pengaruh Perekonomian Amerika Terhadap Perekonomian Dunia

Secara umum jika ditarik pengertian dari perekonomian Amerika, maka dapat disimpulkan bahwa perekonomian Amerika merupakan sebuah struktur perekonomian yang dibangun oleh negara Amerika dengan begitu baik , sehingga banyak negara yang mengikutinya. Dimulai sejak akhir dari perang dunia ke II, Amerika menjelma menjadi negara yang dijuluki adidaya dan adikuasa karena mampu menguasai berbagai bidang perekonomian.

Salah satu bukti kekuatan perekonomian Amerika adalah adanya mata uang Dolar AS yang merupakan mata uang terbesar yang menjadi tolak ukur nilai tukar terhadap mata uang lainnya di dunia. Tingginya nilai dollar dibanding dengan nilai mata uang dari negara lainnya juga termasuk salah satu hal yang mendorong penguatan sistem perekonomian mereka.

Inilah Alasan Mengapa Perekonomian Amerika Begitu Kuat


Yang menjadi dasar kuatnya perekonomian Amerika Serikat sebenarnya dimulai pada saat Perang Dunia ke I. Dari berbagai sumber yang kami dapat ternyata di saat itu Amerika menyusun strategi untuk mengatur perekonomiannya dengan baik kuat dimana negara – negara lain justru banyak sekali mengeluarkan dana karena perang Dunia I tersebut. Dengan strategi yang matang, Amerika benar – benar mengontrol perekonomian mereka sambil terus melakukan berbagai strategi untuk menguatkan perekonomian mereka. Hanya saja yang menjadi saingan Amerika saat itu hanya ada satu negara saja, yaitu Uni Soviet.
Meskipun demikian, negara – negara lain banyak berkiblat ke Amerika Serikat untuk mencontoh cara mereka membangun sistem perekonomian yang kuat. Dan memang pantaslah Amerika itu disebut negara adidaya dan adikuasa.

Perekonomian Amerika Mengungguli Uni Soviet


Dulunya, negara Uni Soviet merupakan kesatuan dari beberapa negara yang berada di utara yang menjalin persatuan dan membentuk pemerintahan yang berbasis kolonial dan komunisme sosialis. Jelas paham mereka sangat berbeda dengan Amerika Serikat yang menganut sistem demokratis. Bahkan saat itu kedua negara mengadakan perang dingin yang saling baku hantam termasuk dalam hal persaingan bisnis dan perekonomian.

Namun akhirnya Amerika tetap dapat mengungguli Uni Soviet mungkin dikarenakan perekonomian Amerika yang memang lebih maju duluan ketimbang perekonomian Uni Soviet. Akhirnya hal ini pun membawa dampat terpecahnya Uni Soviet pada tahun 1991 yang terpisah menjadi beberapa negara bagian. Dengan runtuhnya kedigjayaan Uni Soviet tersebut menjadikan perekonomian Amerika semakin kuat dan merupakan satu – satunya sistem perekonomian yang disegani dan patut dicontoh oleh negara lain di dunia.
Advertisement:

0 komentar:

Post a Comment