Home » , , , » Strategi Yang Menyebabkan Meningkatnya Perekonomian China

Strategi Yang Menyebabkan Meningkatnya Perekonomian China

perekonomian di china
Perekonomian China - Pada artikel sebelumnya kita telah mengetahui secara singkat tentang alasan kuatnya perekonomian Amerika Serikat. Namun kami lupa menyebutkan bahwa saking kuatnya negara Amerika Serikat itu sampai mendapat julukan tidak hanya negara adikuasa dan adidaya tetapi juga mendapat julukan negara tirani besi. Dan pada artikel kali ini kembali kami berupaya menyajikan informasi mengenai sistem perekonomian china yang juga memiliki julukan negara Tirani Bambu tersebut
.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Negara China adalah negara yang memiliki kawasan yang sangat luas sekaligus memiliki jumlah pertumbuhan penduduk paling besar di dunia. Mungkin disebabkan juga karena jumlah penduduk yang besar, maka tidak mengherankan lagi jika perekonomian China juga tumbuh dengan meningkat pesat. Meskipun demikian tetap saja China memiliki kesamaan dengan negara lain yang juga rentan terhadap masalah perekonomian seperti krisis dan inflasi meskipun China sudah dikenal memiliki perekonomian yang lebih kuat dibanding beberapa negara di dunia.

Sejarah Singkat Perekonomian China

Secara umum telah sama – sama diketahui bahwa China merupakan salah satu negara komunis. Oleh karena itu, perekonomian China juga tumbuh berdasarkan pemikiran – pemikiran komunis pada awalnya. Namun untuk masa sekarang ini perekonomian China sudah ditangani lebih khusus lagi oleh pihak yang diibaratkan sebagai perusahaan swasta yang khusus mengontrol dan menangani perekonomian China sejak 30 tahun yang lalu.

Dari segi pemerintahan, pantauan terhadap kondisi perekonomian terus dilakukan secara politikal. Sebagai contoh yang masih dalam pantauan pemerintah China mengenai kerja sama antar perusahaan maupun bisnis perbankan. Jika kita pandang dari segi politik, sebenarnya perekonomian China masih tetap ada di bawah kekuasan pemerintahan yang berasal dari satu partai saja. Namun segara kelebihan SDM dan keunggulan lain yang dimiliki oleh China dapat menjadikan negara ini menjadi salah satu negara yang sigap dalam mengatasi masalah perekonomian di negaranya.

Perekonomian China Saat Ini

Perekonomian China untuk saat ini dapat dikatakan lebih fleksibel jika dibandingkan dengan sistem perekonomiannya masa lalu. Perekonomian China saat ini terlihat lebih terbuka meskipun dalam beberapa hal tertentu pemerintah China lebih mengedepankan asas persamaan dalam mengembangkan dan meningkatkan kondisi perekonomiannya. Di sini lain Pemerintah China juga suka menambah pendapatan pribadi serta konsumsi mereka sendiri dalam rangka mewujudkan suatu pengaturan manajemen yang bermutu serta untuk mendongkrak peningkatan produktifitas mereka.

Selain itu Pemerintah China disinyalir lebih mementingkan kegiatan perekonomian dengan negara lain yang dijadikan sebagai cara utama untuk mendongkrak pertumbuhan perekonomian China. Salah satu strategi yang mereka terapkan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonominya adalah dengan cara menetapkan 2000 Zona Ekonomi khusus yang mempunyai keluasan di dalam hukum berinvestasi di sana.
Advertisement:

0 komentar:

Post a Comment