Home » » Profil Lengkap Menteri Keuangan Chatib Basri

Profil Lengkap Menteri Keuangan Chatib Basri

Profil Lengkap Chatib Basri - Chatib Basri selaku pejabat Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) akhirnya dipilih oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menggantikan Menteri Keuangan Agus Martowardjo yang beralih kedudukan karena terpilih sebagai Gubernur BI.

Mengenai Profil Chatib Basri, sebelumnya Hatta Rajasa selaku menko perekonomian sempat mengatakan bahwa sosok menteri keuangan yang baru ini dinilai cukup professional dan tidak memiliki latar belakang partai politik manapun. Yang menjadi pertimbangan presiden dalam memilih Chatib Basri adalah berdasarkan pada kapabilitas dan integritasnya.

Termasuk yang dituntut dalam hal kapabilitas yang dimaksud adalah kemampuan untuk memahami perkembangan kebutuhan dalam kementerian keuangan sekaligus merumuskan solusi untuk menyiasati tantangan di masa yang akan datang.

Selain itu, Hatta Rajasa juga menjelaskan bahwa menteri keuangan itu memiliki wewenang yang sangat besar seperti yang diatur dalam undang – undang termasuk mengatur kebijakan fiskal yang erat kaitannya dengan investasi. Artinya, menteri keuangan harus memiliki kemampuan yang baik untuk membangun iklim investasi yang yang baik pula.


Dan seperti kenyataan di lapangan, sebenarnya Chatib Basri ini menjabat sebagai Kepala BKPM belum sampai 1 tahun karena Chatib Basri tahun lalu dilantik sebaga kepala BKPM pada Juni 2012 menggantikan Gita Wirjawan yang ditelah dipilih untuk menduduki jabatan Menteri Perdagangan. Memang, Chatib Basri sendiri dikenal sebagai sosok yang memiliki keahlian dalam hal perdagangan internasional, ekonomi politik, dan makro ekonomi.

Inilah Profil Lengkap Chatib Basri

Di tahun 1992, Chatib Basri masih mengejar pendidikan sarjananya di Fakultas Ekonomi UI. Kemudian ia melanjutkan pendidikannya ke sebuah Universitas di Australia dengan tujuan mendapatkan gelar master. Lalu, Chatib berhasil mendapatkan gelar PhD di bidang ilmu ekonomi di Universitas tersebut setelah lima tahun. Kemudian ia diangkat sebagai salah satu dosen di Fakultas Ekonomi UI sekaligus sebagai peneliti di LPEM-UI.

Antara Tahun 1997 – 2001, Chatib Basri menduduki sebuah Jabatan sebagai asisten peneliti di Departemen Ekonomi Australian Nasional University. Di tahun 2005, Chatib Basri terpilih sebagai anggota Advisory Team to The Indonesian National Team on International Trade Negotiation. Pernah juga ia dijadikan konsultan beberapa lembaga Internasional seperti USAID, AUSAID, Bank Dunia, UNCTAD, dan OECD. 

Antara tahun 2010 – 2011, Chatib Basri juga menjadi anggota dari High Level Trade Expert Group yang dikeuai oleh Peter Sutherland dan Jagdish Bhagwati.

Dan beberapa karir lainnya di dalam negeri yang pernah digeluti oleh pria kelahiran Jakarta, 22 Agustus 1965. Antara lain adalah :

  1. Staff Khusus Menteri Keuangan di tahun 2006 – 2010 
  2. Anggota Komite Penanaman Modal di BKPM (2007 – 2008) 
  3. Deputi Menteri Keuangan untuk G – 20 di tahun 2006 – 2010. 
  4. Sherpa Indonesia untuk G – 20. 
  5. Pendiri Creco Research Institute. 
  6. Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN)
  7. Dosen di Fakultas Ekonomi UI
  8. Komisaris di PT Astra Internasional 
  9. Komisaris di PT Semen Gresik, Tbk. 
  10. Komisaris di PT Astra Otoparts 
  11. Komisaris di PT Indika Energy 
  12. Direktur Non Eksekutif Independen Axiata Group, Bhd tahun 2010 – 2012. 
  13. Anggota Regional Advisory Board Toyota Motor Asia Pasifik. 
  14. Penulis Buku Business in Indonesia : New Challanges, Old Problems. 
  15. Penulis Artikel Ideas, Interest, and Oil Price : The Political Economy Trade Reform During Soeharto’s (World Economy). 
Itulah profil lengkap dari Chatib Basri yang dipilih dan dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Menteri Keuangan yang baru.
Advertisement:

0 komentar:

Post a Comment