Home » , , » Indonesia Aman Dari Krisis Menurut Keyakinan Amerika Serikat

Indonesia Aman Dari Krisis Menurut Keyakinan Amerika Serikat


Dalam acara sebuah diskusi mengenai Kebijakan Luar Negeri Amerika Serikat di Asia yang diadakan di Jakarta kemarin (Selasa, 21 Mei 2013), Wendy R. Sherman selaku Wakil Menteri Luar Negeri Bidang Hubungan Politik Amerika Serikat menyampaikan pandangannya berupa keyakinan bahwa Indonesia akan aman terhadap krisis ekonomi yang mengancam layaknya yang terjadi pada tahun 1998 silam berkat tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin pesat.

Menurutnya, Indonesia terlihat telah mengambil pelajaran dengan baik terhadap pengalaman pahit berupa krisis ekonomi yang terjadi di tahun 1998 silam. Hal ini terbukti dengan semakin bergairahnya pertumbuhan ekonomi Indonesia sehingga diyakini akan mampu untuk menerjang ancaman krisis yang akan datang.


Wendy juga mengatakan bahwa saat ini Indonesia telah berubah menjadi negara yang mengalami pertumbuhan ekonomi yang begitu kuat. Wendy mengatakan hal ini sesuai studi dan pengamatannya terhadap kondisi dan perubahan situasi ekonomi di negara kita.

Wendy juga mengungkapkan berdasarkan pengatamannya bahwa Indonesia telah banyak mengeluarkan dan menerapkan berbagai kebijakan ekonomi yang positif sehingga hal inilah yang menjadi faktor utama terdorongnya pertumbuhan ekonomi Indonesia seperti sekarang ini.

Hal ini diperkuat lagi dengan bukti berhasilnya Indonesia dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,5% disaat Amerika Serikat sendiri dilanda resesi di tahun 2009 yang lalu. Dan pada tahun 2010 pertumbuhan ekonomi di negara kita terus meningkat hingga menapai 6%, dan di tahun 2011 mencapai 6,5%, dan di tahun 2012 mencapai 6,23%. Meskipun peningkatan pertumbuhan ekonominya tidak terlalu signifikan, namun stabilitasnya cukup menjadikan Indonesia dipandang sebagai negara yang memiliki kekuatan ekonomi tersendiri.

Dalam diskusi tersebut Wendy juga sempat mengatakan bahwa meskipun nantinya umpama Indonesia terjerumus lagi dalam situasi krisis seperti yang terjadi di tahun 1998, maka Amerika Serikat tetap akan bersedia untuk selalu memberikan dukungan terhadap Indonesia.

"Tidak hanya Amerika Serikat, negara - negara lain di dunia pun tentu akan tergerak untuk memberikan bantuan kepada Indonesia sebagai negara yang memiliki cakupan ekonomi yang luas ini. Terlebih lagi Indonesia juga merupakan salah satu pasar yang besar," ucap Wendy.
Advertisement:

0 komentar:

Post a Comment