Home » , , » Inilah Pemicu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2013

Inilah Pemicu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2013

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2013 - Jika diartikel sebelumnya kami sudah menuliskan sedikit informasi mengenai pertumbuhan ekonomi Indonesia yang ada diperingkat dua dunia, maka pada artikel kali ini yang juga masih berhubungan dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang tentunya untuk mencapai pertumbuhan ekonomi khususnya di tahun ini, tentu terdapat beberapa tantangan dalam menjalankannya. Meskipun demikian, untuk memacu semangat dan keyakinan akan bangkitnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia, mari kita simak sebuah gambaran berupa patung Krishna dan Arjuna yang dibangun tengah tengah kota Jakarta, merupakan karakter sentral dalam Mahabharata, kisah sejarah India. Mereka berada di dalam sebuah kereta yang ditarik oleh 11 kuda dengan kecepatan penuh.


Ini adalah merupakan metafora yang tepat bagi situasi ekonomi Indonesia masa kini dan masa mendatang, yang telah melonjak maju ke level tertinggi dalam beberapa tahun ini. Sementara pertumbuhan diperkirakan dulunya menjadi 6,1% pada tahun 2012, ternyata pada tanggal 7 Juni Jakarta Globe melaporkan pemerintah menganggap itu telah tumbuh menjadi 7,2%. (Bank Dunia memperkirakan sebelumnya hanya 6,4% pertumbuhan PDB)

Itu belum semua. Pada akhir tahun ini, tepatnya awal tahun 2014 nanti, Indonesia dapat bergabung dengan 15 negara dengan PDB tahunan lebih dari $ 1 triliun. Pada tahun 2011 dulu, investasi asing langsung di negara kita mencapai rekor $ 19,3 miliar dan ekspor tumbuh sebesar 29%, bahkan hingga mencapai $ 203.620.000.000. Fitch Ratings pada bulan Desember 2012 kemarin Granted Indonesia investasi-grade credit rating setelah 14 tahun status junk, dan Moody Investors Service diikuti pada bulan Januari 2013. Dan dalam rangka mewujudkan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2013, berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi pemicunya.

Berkurangnya Hutang Indonesia Memacu Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2013M.


Hutang bersih luar negeri Indonesia kini telah ber kurang dari 10% dari PDB, dan kemungkinan nyata bahwa negara akan menjadi kreditur bersih pada akhir tahun 2014 depan. Selain itu juga , pasar saham di Indonesia sedang booming-boomingnya. Itu adalah salah satu yang berkinerja terbaik di Pasar Asia, mendapatkan 3,2% pada saat bursa lainnya menderita akibat krisis keuangan global belakangan ini. Pada bulan April 2012, Bank Dunia mencatat bahwa "meskipun kedua risiko domestik dan internasional, fundamental ekonomi Indonesialah yang SOLID."

Melihat pertumbuhan ekonomi indonesia yang cepat namun negara juga menghadapi beberapa risiko dan tantangan. Para ahli di Wharton dan di tempat lainnya bertanya-tanya apakah pertumbuhan ekonomi indonesia ini berkelanjutan. Philip M. Nichols, yang merupakan seorang profesor studi hukum dan etika bisnis di Wharton, optimis. Ia sangat yakin pasar internal yang besar di Indonesia telah memungkinkan negara untuk mengatasi krisis ekonomi global secara relatif tanpa cedera. Menurut dia, ekonomi Indonesia akhirnya mulai keluar dari "lubang institusional" yang menemukan dirinya dalam pra-1997 ketika pertumbuhan yang terlalu cepat atas kesalahan yang mendalam dan akhirnya menyebabkan kecelakaan. Pasar internal yang besar di Indonesia - dua-pertiga dari konsumsi adalah internal - membuat ketahanan ekonomi indonesia. Selain itu, negara ini memiliki lembaga yang lebih baik dalam hal memantau pertumbuhan ekonomi, sehingga dapat mengatasi distorsi kurang dan ketergantungan lebih besar pada pasar.
Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang signifikan diberbagai sektor

Indonesia saat ini ditengah terjadinya ledakan konsumen seperti yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sebut saja beberapa diantaranya ; Motor Matic (Skuter), Mobil, Smartphone, dan produk perawatan kulit dan kesehatan dan semua permintaan kelas menengah tumbuh dengan signifikan, dan Orang Indonesia kaya baru menghabiskan uangnya untuk konsumtif. Nama merek besar selalu terlihat di televisi, papan reklame di jalan-jalan bertebaran. Ketika datang ke komoditas, pertumbuhan China dan India telah memberikan perangsang kepada ekonomi Indonesia. Lainnya kebutuhan batubara dan gas sangat tinggi saat ini, sementara seluruh dunia lapar untuk minyak sawit dari seluruh kebun yang ada di Indonesia.


Kekuatan dan Semangat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Dimasa Mendatang


Salah satu kekuatan Indonesia terbesar adalah budaya toleransi dan inilah yang membuat pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2013 ini bisa berlanjut dan meningkat hingga tahun ke tahun. Perlu di ingat tidak ada negara Islam lain memiliki patung Krishna, yang dihormati dan dihargai oleh jutaan umat Hindu di dunia namun ada di indonesia. Jika negara dapat membangun kekuatan tersebut dengan nyata dan juga harus sadar akan tantangan kedepan, besar kemungkinan dan kuat keyakinan bahwa kereta metafora akan terus mempercepat maju tanpa goyah dan ekonomi indonesia akan selalu tumbuh melesat seperti kereta Krishna dan Arjuna.
Advertisement:

6 komentar:

  1. Hubungannya apa ya pertumbuhan ekonomi sama patung krisna dan arjuna..hehehe..

    ReplyDelete
  2. Gambaran kesemangatan untuk menumbuhkan ekonomi di Indonesia agar terus meningkat. Trim's sudah mampir :)

    ReplyDelete
  3. Mohon pembahasan prospek bisnis dan ekonomi yang terkait dengan industri IT donk om..thanks...

    ReplyDelete
  4. Wah, terima kasih usulannya. Sepertinya topik yang anda sampaikan cukup menarik untuk diulas. Kami akan masukkkan dalam agenda untuk artikel berikutnya.

    ReplyDelete
  5. sebagai trader di armada markets, ko mata uang indonesia gak bisa dibuat trading forex ya. kalau udah ada renumerasi kayanya bisa ya

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete