Home » , » 5 Pencapaian Presiden SBY dalam Bidang Ekonomi Yang Dibanggakan Hatta Rajasa

5 Pencapaian Presiden SBY dalam Bidang Ekonomi Yang Dibanggakan Hatta Rajasa

Presiden SBY - Hanya tersisa satu tahun lagi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk memimpin kabinet Indonesia Bersatu (Jilid II). Menjelangnya berakhirnya masa jabatan Presiden SBY, beberapa pihak di kalangan pemerintah ada yang membanggakan beberapa hal mengenai kinerja Presiden SBY dalam dua periode jabatan ini. Termasuk Hatta Rajasa yang bangga dengan 5 capaian yang diraih Presiden SBY khususnya dalam bidang ekonomi.

Dari segi kaca mata ekonomi dunia, memang negara kita dinilai termasuk negara yang masih kuat dan mampu dalam hal menyelaraskan percepatan pergerakan ekonomi dunia meskipun dalam bayang - bayang kiris Amerika Serikat dan Uni Eropa. Bahkan ada pihak yang mengklaim bahwa Indonesia akan mampu untuk meningkatkan PDB (produk domestik bruto) hingga mencapai 3 kali lipat hanya dalam jangka waktu 10 tahun saja.


Kembali ke Menko Perekonomian, Hatta Rajasa, yang merupakan salah satu pejabat di negeri ini yang bangga dengna hasil yang dicapai oleh Presiden SBY yang menjadi pimpinan negara sejak 2004 silam. Tidak hanya itu, Hatta juga sempat membandingkan perubahan dan perkembangan ekonomi negara kita dengan negara luar. Negara Inggris yang dijadikan sebagai contoh perbandingan oleh Hatta. Seperti yang tercatat dalam sejarah, untuk meningkatkan kondisi perekonomian, Inggris melakukan revolusi industri di adab ke 17 yang memakan waktu hingga 150 tahun. Dan Amerika Serikat sendiri juga membutuhkan waktu 50 tahun untuk melipatgandakan kondisi ekonominya. India dan China hanya membutuhkan waktu 12 tahun saja untuk meningkatkan perekonomian negaranya.

Bahkan setelah Indonesia berhasil melunasi seluruh hutang dengan dana IMF, mengakibatkan cara pandang dunia terhadap Indonesia pun berubah.

Nah, berikut ini adalah 5 hal yang berhasil dicapai oleh Presiden SBY dalam bidang Ekonomi yang juga dibanggakan oleh Hatta Rajasa.

1. Menurunnya Angka Kemiskinan
Hatta menjelaskan bahwa di tahun 2004 silam saat Presiden SBY mulai melaksanakan tugas kepresidenan, angka kemiskinan saat ini masih mencapai 14%, namun di saat sekarang ini angka kemiskinan sudah sedikit menurun, yaitu diangka 11,6 %. Meskipun angka kemiskinan terbilang masih cukup tinggi, namun inti yang terpenting adalah pencapaiannya.

2. Menurunnya Angka Pengangguran
Dalam hal penekanan jumlah pengangguran, Hatta juga membanggakan hasil kinerja Presiden SBY yang berhasil menekan angka pengangguran di tahun 2004 sebanyak 10% sampai hari ini menjadi 5,4%.

3. Peningkatan Pendapatan Per Kapita
Tidak hanya kemiskinan dan pengangguran, bahkan pendapatan per kapita selama dipimpin oleh Presiden SBY juga mengalami peningkatan dari USD $1.100 meningkat menjadi USD $4.000. Hatta juga bangga akan hal ini.

4. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi
Sesuai dengan berita yang pernah kami muat, khusus dalam hal peningkatan pertumbuhan ekonomi, Hatta juga punya kebanggaan tersendiri dimana Presiden SBY berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi. "Kita bersyukur pertumbuhan kita bisa ditahan 6 persen di kuartal I 2013 6,02 persen," terang Hatta.

5. Meningkatkan Iklim Investasi
Pernah dalam sebuah pidato Hatta Rajasa saat berkunjung ke Amerika Serikat tahun lalu, dalam pidato tersebut Hatta menyampaikan pencapaian kinerja yang cukup baik dalam perkembangan ekonomi Indonesia. Salah satu bidang yang dibanggakan oleh Hatta adalah meningkatkan keinginan para investor untuk berinvestasi di Indonesia.

Advertisement:

1 komentar:

  1. Bangga sekali rasanya jika membaca pencapaian-pencapaian Pak SBY selama 10 tahun pemerintahannya. Semoga Presiden selanjutnya bisa memiliki pencapaian yang lebih baik daripada pemerintahan Pak SBY. Aamiin. :)

    ReplyDelete