Home » , , , » Daftar Lengkap Beberapa Istilah Ekonomi

Daftar Lengkap Beberapa Istilah Ekonomi

Istilah Ekonomi - Pada artikel sebelumnya kami telah menulis definisi ilmu ekonomi yang menjelaskan pada anda tentang apa ilmu ekonomi itu sebenarnya. Dan yang tidak kalah pentingnya, untuk memperkaya artikel ekonomi yang kami tulis di sini, kali ini kami akan menuliskan beberapa istilah ekonomi sebagai tambahan referensi untuk anda.

Kita semua tahu bahwa ekonomi sebagai salah satu ilmu yang komplek dan memiliki latar belakang yang panjang tentu sangatlah luas cakupan ilmunya, sehingga menciptakan beberapa istilah yang aneh dan kadang asing di telinga orang awam. Namun itu bukanlah alasan untuk kita lantas malas untuk mempelajari ilmu ekonomi lebih jauh, bersinggungan atau tidak dengan ilmu ekonomi.


Istilah ekonomi itu menjadi penting bagi kehidupan kita sehari-hari karena kita akan selalu berhadapan dengan istilah-istilah ekonomi dalam kehidupan kita sehari. Untuk meminimalisir ke asingan kita terhadap istilah ekonomi tersebut maka kami akan coba sebutkan beberapa istilah ekonomi yang sering menghampiri dan ada dalam kehidupan kita.

Inilah Beberapa Istilah Ekonomi yang Sering Ditemukan Dalam Keseharian


1. Aset atau harta atau aktiva
Adalah sumber-sumber ekonomi yang di miliki oleh perusahaan

2. Cost atau biaya atau beban
Adalah nilai yang di ukur dengan uang untuk memperoleh barang/ jasa atau semua pengorbanan ekonomis yang dikeluarkan untuk memperoleh pendapatan.

3. Profit plan
Adalah sebuah rencana dari manajemen perusahaan yang berisi seluruh tahap operasi yang akan di canangkan untuk masa yang akan datang sehingga bisa memperoleh laba seperti yang diinginkan.

4. Break even point/ titik impas
Suatu keadaan dimana perusahaan atau usaha dalam kondisi tidak mendapatkan laba atau menderita rugi. Bisa juga saat dimana memulai usaha dan mencapai tahap break even point dimana semua modal sudah tertutupi dan menuju keuntungan.

5. Product cost/ biaya produksi
Adalah Biaya yang dikeluarkan saat perusahaan berproduksi mengolah bahan baku menjadi produk jadi.

6. Equity
Merupakan modal yang ditanamkan oleh  investor, bisa berupa  saham ataupun aktiva lainnya.

7. Accounting
Suatu kegiatan jasa yang berfungsi untung menyajikan informasi kuantitatif yang bersifat keuangan.

8. Average cost
Adalah Biaya rata-rata dari jumlah total semua biaya yang dikeluarkan perusahaan saat proses produksi.

9. Cost accounting/ akuntansi biaya
Proses dari accounting yang meliputi pencatatan, peringkasan, penggolongan, dan penyajian biaya pembuatan dan penjualan produk dan jasa.

10. Merger
Sebuah proses penggabungan dua perusahaan atau lebih menjadi satu nama perusahaan.

Itulah beberapa istilah ekonomi yang sering kita dengar dan kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari masih banyak sekali istilah ekonomi lainnya yang ada dalam ilmu ekonomi. istilah-istilah tersebut diatas bukanlah hanya sekedar istilah belaka namun memiliki kegunaan dan fungsi yang akan kita dapatkan jika kita bisa mengatahuinya.

Apa sih Manfaat Memahami Istilah-Istilah Ekonomi?


Dengan mengetahui istilah ekonomi kita tidak lagi asing dan awam akan istilah-istilah ekonomi yang akan sering kita dengarkan saat mengikuti bisnis yang di jalankan. Meminimalisir terjadinya persepsi yang salah yang berasal dari ketidaktahuan istilah ekonomi yang mungkin bisa menyebabkan kerugian baik di diri kita maupun perusahaan yang di kelola.
Advertisement:

1 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete