Home » » Sekelumit Perilaku Dahlan Iskan, Pak Menteri BUMN

Sekelumit Perilaku Dahlan Iskan, Pak Menteri BUMN

Apa yang terlintas ketika kita mencoba melihat sosok pemimpin yang saat ini menjabat sebagai menteri BUMN Indonesia? jika kita jeli, banyak sekali yang dapat kita petik dari sepak terjang professor 62 tahun ini. Kali ini kami akan coba rangkum perilaku beliau yang dilakukan menjelang akhir tahun 2013. Ada empat bagian, yaitu :

1.    Kereta Bogor-Sukabumi Aktif Kembali
Setelah dilakukannya pengaktifan kereta Api Pangrango Bogor-Sukabumi mantan Dirut PLN ini yakin akan membantu masyarakat. Terlihat di hari perdananya saja kereta langsung dipadati penumpang. "Kemarin penuh, sampai banyak yang enggak dapat tempat. Mantan CEO Jawa Pos itu sebelumnya telah melakukan percobaan sendiri saat meninjau langsung rute tersebut, "Waktu itu saya kalau mau ke sana luar biasa susahnya, waktu saya ke Sukabumi saya merasakan sendiri," ujarnya.
Lalu ia meninjau stasiun dan rel kereta disana, setelah dirasa masih memungkinkan ia perintahkan PT. KAI untuk membuka rute. Selama 3 minggu dari perintah orang nomer satu BUMN itu terdapat sebanyak 5 lokomotif yang disediakan.

2.    Memecahkan Ide Paket Pengelolaan Migas
Tak hanya sampai disitu orang yang memlalui masa kecilnya di pedesaan ini  memcahkan ide membuat skema yang diperuntukkan bagi perusahaan minyak dan gas dalam pengelolaan blok migas. Paket tersebut akan diterima perusahaan dalam bentuk hulu dan hilir. Kelak pemerintah akan memberikan blok migas tanpa lelang kepada perusahaan yang mengadakan kontrak dengan pemerintah, dengan syarat menyanggupi membangun kilang minyak. Ia punya ralasan bahwa sektor hulu memberi keuntungan lebih besar daripada hilir.  

"Membangun refinery itu tidak menguntungkan. Yang menguntungkan itu mengolah minyak mentah," ungkap penulis buku berjudul “Ganti Hati” ini.

3.    Dosen Tamu Wirausaha di Undip
Tampil bersama CEO Sido Muncul, Dahlan Iskan memberikan kuliah di Universitas Diponegoro (Undip) berjudul " Seminar Nasional Here to be Entrepreneur” yang diikuti oleh 400 pengusaha pemula dan 200 mahasiswa. Lebih lanjut menurut liputan ia menjelaskan bagaimana proses menjadi seorang pengusaha. Menurut Dahlan pengusaha hebat membutuhkan waktu dan tidak ada proses yang singkat. Acara tersebut mendapat antusiame sangat besar dari peserta kuliah.

4.    Program Gotong Royong Desa Sebagai Budaya Masyarakat Desa

Diresmikan oleh Dahlan Iskan dilakukan dengan cara dan acara sederhana. Acara tersebut diadakan di Desa Gawanan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar pada Minggu (10/11/2013) malam.

5.    Tak Peduli Hasil Konvensi Demokrat
Lagi-lagi menteri BUMN ini mengaku tak memusingkan tentang hasil konvensi capres Partai Demokrat yang diikutinya. Hasil survey itu menyatakan Dahlan Iskan merupakan kandidat terkuat dari para capres lain. Beliau memilih untuk fokus menangani tanggungjawabnya sebagai menteri BUMN. Ia menanggapinya dengan menuturkan bahwa hasil tersebut telah menjadi wewenang komite. Selain itu ia juga meresmikan jembatan bantuan PGN di Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun serta menghadiri penutupan Festival Reog Nasional di Kabupaten Ponorogo.

Advertisement:

1 komentar:

  1. Pak dahlan Iskan memang pejabat yang berbeda, iya tetap sederhana walaupun telah menjadi pejabat. Iya juga sangat membantu perkembanagan Kementrian BUMN, seperti yang di jelaskan di artikal di atas, bahwa pak dahlan iskan dapat Memecahkan Ide Paket Pengelolaan Migas.

    saya juga pernah melihat wawancara beliau di program MATA NAJWA Metro tv, beliau bilang beliau tidak mau memakai mobil dinas kementrian dan tidak mau dikawal. salaut deh buat pakdahlan iskan.

    ReplyDelete