Home » » Pengertian, Arti, dan Definisi Pasar

Pengertian, Arti, dan Definisi Pasar

Definisi Pasar
Berbagai barang dagangan segar, lontaran tawar menawar dan kemeriahan aktifitas para pedagang itulah beberapa situasi pasar secara umum yang kita jumpai sehari - hari. Lalu apa sebenarnya pengertian pasar? Pasar adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk menjual dan membeli barang atau jasa. Lalu arti pasar adalah suatu tempat pada waktu tertentu para penjual dan pembeli dapat bertemu guna melakukan transaksi jual beli barang. 
 
Sedangkan definisi pasar ialah sebagai serangkaian sistem (tidak hanya sebatas tempat) yang bisa mengatur kepentingan pihak pembeli terhadap kepentingan pihak penjual. Sistem tersebut sebagai aturan atas berbagai segmen, yakni semua pihak terkait seperti pembeli dan penjual, barang dagangan, serta peraturan tertulis maupun tidak tertulis yang disepakati. Terlibat juga peraturan pemerintah yang saling berhubungan, berinteraksi dan berkesinambungan antara satu dengan yang lainnya.

Pasar itu sendiri bisa golongkan menjadi dua, yaitu pasar komoditas dan pasar faktor produksi. Pasar komoditas merupakan bentuk interaksi dalam menentukan jumlah dan harga komoditas yang dilakukan antara para pembeli dan para penjual. Sedangkan pasar faktor produksi adalah keseluruhan penawaran dan permintaan faktor-faktor produksi yang terjadi antara pengusaha dan para pemiliki factor produksi dalam suatu daerah atau wilayah.

Dalam pasar faktor produksi ada beberapa hal yang membedakan dengan pasar komoditas. Perbedaan tersebut di antaranya:
  1. Pihak yang melakukan penawaran adalah pihak rumah tangga konsumen.
  2. Pihak yang melakukan permintaan adalah pihak rumah tangga produsen.
  3. Bagi rumah tangga konsumen (pemilik faktor produksi), harga faktor produksi adalah merupakan pendapatan yang disebut dengan istilah sewa, upah, bunga dan keuntungan.
  4. Bagi rumah tangga produsen pengeluaran untuk mendapatkan faktor produksi disebut biaya.
  5. Barang atau komoditi yang diperjualbelikan adalah faktor produksi. Jadi dengan demikian pasar ini memiliki ciri yang berbeda dengan pasar barang secara umum.
Sedangkan pasar mempunyai tiga fungsi  yakni: fungsi distribusi, fungsi pembentukan harga, dan fungsi promosi. Dalam aktifitas distribusi, pasar berfungsi memperpendek jarak antara konsumen dengan produsen dalam melaksanakan transaksi. Pasar juga bertindak dengan mempermudah penyaluran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Pasar berfungsi sebagai pembentuk harga pasar, yakni kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. Kemudian fungsi promosi merupakan peranan pasar yang sering dilihat, dapat dilakukan dengan cara memasang spanduk, membagikan brosur, membagikan sampel dan lain - lain.

Sedangkan dari wujudnya, pasar dibagi menjadi pasar konkret dan pasar abstrak. Pasar konkret adalah pasar yang lokasinya dapat dilihat secara langsung. Dan komoditasnya tersedia di pasar tersebut. Sedangkan pasar abstrak ialah pasar yang lokasi dan transaksinya tidak dapat dilihat langsung. Sering kali dilakukan melalui telepon, internet dan media lainnya.

Tinggi rendahnya harga ditentukan oleh interaksi yang terjadi antara penjual dan pembeli. Karena pasar membolehkan terjadinya evaluasi harga. Hal ini menjadi studi utama ekonomi dan telah membentuk beberapa teori dan model tentang kekuatan pasar dasar penawaran dan permintaan.
Advertisement:

2 komentar: