Home » » Mengetahui Berbagai Macam Kebutuhan Manusia

Mengetahui Berbagai Macam Kebutuhan Manusia

Jika membahas tentang kebutuhan manusia, maka tak lepas dari kegiatan kita sehari-hari. Dan dengan makin berkembangnya peradaban, membuat daftar kebutuhan manusia semakin kompleks. Sebelum lebih jauh membicarankan topik kita kali ini ada baiknya kita mengenal dahulu pengertian kebutuhan. Jadi kebutuhan adalah keperluan yang ada secara naluriah terhadap benda maupun jasa guna keberlangsungan hidup. 

Disadari atau tidak kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas. Beberapa alasan mengapa tidak terbatas antara lain bertambahnya jumlah manusia, majunya peradapan manusia dan terakhir adalah kembali ke sifat manusia itu sendiri yang tidak pernah merasa puas.

Kebutuhan manusia digolongkan menjadi beberapa kelompok bagian, yaitu :

Kebutuhan Manusia Menurut Tingkat Kepentingannya


1. Kebutuhan Primer
Adalah kebutuhan alamiah yang harus dipenuhi demi kelangsungan hidup. Misalnya: sandang, pangan, papan.

2. Kebutuhan Sekunder
Merupakan kebutuhan pelengkap setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan ini sifatnya dapat ditunda. Contoh kebutuhan sekunder bersifat relative dan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kondisi social, geografi, tingkat ekonomi dan lain-lain Misalnya sepeda, telepon seluler dan lain-lain.

3. Kebutuhan Tersier
Adalah kebutuhan dapat dinikmati oleh sebagian orang dengan kategori tertentu misalnya kaya, raja dll.. Contoh: villa, mobil mewah, perhiasan.dan lain-lain

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Dari Segi Waktu Pemenuhan

1. Kebutuhan Sekarang
Ialah kebutuhan yang sangat penting dan tidak dapat ditunda dimana harus dipenuhi saat itu juga. Misalnya makan di waktu perut lapar, obat ketika badan sakit, dan lain sebagainya 

2. Kebutuhan Yang Akan Datang
Merupakan kebutuhan manusia yang tidak harus dipenuhi saat ini dan dapat ditunda pada waktu yang akan datang. Contoh: pergi bertamasya bersama keluarga yang dapat ditunda hingga dana tabungan mencukupi.

Kebutuhan Manusia Menurut Sifatnya

1. Kebutuhan jasmani
kebutuhan jasmani atau badaniah adalah kebutuhan yang bersifat jasmani agar dapat berfungsi dengan baik. Misalnya minum ketika haus, tidur saat telah merasakan kantuk.

2. Kebutuhan rohani
Merupakan kebutuhan yang berkaitan dengan rohani. Misalkan siraman rohani dalam kehidupan beragama, rekreasi setelah melakukan aktifitas selama jangka waktu tertentu dan lain-lain.
  

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjeknya

1. Kebutuhan Pribadi
Merupakan kebutuhan yang pemenuhannya berdasarkan kepentingan individu terkait. Contoh: alat pancing yang digunakan untuk kebutuhan memancing, alat tulis sebagai sarana belajar-mengajar. 

2. Kebutuhan Sosial
kebutuhan social ialah kebutuhan yang erat dengan kehidupan sosial. Contohnya para  murid membutuhkan kelas untuk mereka belajar,

Karena kebutuhan bersifat tidak terbatas seperti yang diuraikan diatas maka menusia dihadapkan oleh kondisi kelangkaan yang sewaktu-waktu akan menghantui. Ditambah kebutuhan yang dikejar oleh manusia bersifat terbatas dan tak kekal. Kelangkaan akan membuat harga kebutuhan menjadi naik, sedangkan asas ekonomi menyebutkan bahwa semakin langka kebutuhan maka semakin tinggi peminatnya.

Advertisement:

1 komentar:

  1. kebutuhan manusia memang beragam dan hampir tanpa batas ( visit us: http://jejalanjajan.blogspot.com)

    ReplyDelete