Home » » Bursa Saham Twitter Berjaya

Bursa Saham Twitter Berjaya

Bagi anda penggemar situs social media twitter, kali ini datang berita dari penjualan perdana twitter di lantai bursa saham. Jika melihat tren pasar saat ini memang sektor IT makin menggiurkan. Tak percaya? Silahkan saja simak ulasan lengkap bursa saham twitter berikut.

Lembar saham berkode TWTR tersebut diawali dengan harga US$ 26 per lembar. Dengan harga itu Twitter dapat mengantongi jumlah dana samapi US$ 1,82 miliar atau Rp 18,2 triliun. Total sebanyak 70 juta lembar dikeluarkan oleh situs kicauan tersebut dan ada opsi akan ditambah 10,5 juta lembar saham dalam 30 hari kedepan. Jika dijumlahkan semua harga nilai IPO Twitter sebesar US$ 2,1 miliar atau setara dengan Rp 21 triliun.

Walau sebagian praktisi pesimis akan terjadi kenaikan di hari pertamanya. Namun ternyata perkiraan itu salah hari pertama saja twitter mendobrak lantai bursa New York sampai  90% atau hampir dua kali lipat yakni sekitar Rp500.000 per saham. Setelah kenaikan tersebut nilainya melambat berada di sekitar US$ 45 per saham bisa dikatakan masih naik sekitar 74%. Dalam pembukaan di lantai bursa disana terlihat juga para pendiri dan tokoh penting Twitter. Kemudian saat penutupan penjualannya, saham Twitter ditutup naik 18,9 poin ke level US$ 44,9 (Rp 449.000) dengan nilai kenaikan sebesar 72,7% dari posisi awal US$ 26 (Rp 260.000) per lembar saham.

Kini nilai perusahaan 140 karakter itu sebesar US$ 14,4 miliar atau Rp 144 triliun, jauh melebihi perkiraan awal yang berada disekitar US$ 12,8-13,9 miliar atau kurang lebih Rp 128-139 triliun.

Saham Facebok VS Saham Twitter
Perbedaan yang mencolok dari kedua penjualan saham perusahaan IT yang merupakan “partner” dalam membangun social media ini sangat bertolakbelakang. Jika twitter mengawalinya dengan melesat naik anmun tidak untuk Facebook, jejaring yang menggebrak dunia sosial media ini mengawali IPO nya kurang begitu bagus. Bahkan saat penjualan perdananya sempat anjlok 50% dari harga US$ 38 per lembar saham. Terlebih ketika nilai penjualan perusahaan Mark ini menyentuh titik terendah di US$ 25,52 per lembar selang beberapa minggu setelah peluncuran perdanannya di bursa hama Nasdaq.

Namun sekarang Facebook dapat bernapas cukup lega dengan penjualan IPO Raksasa jejaring social ini memperoleh dana sebesar US$ 16 miliar atau sama dengan Rp 160 triliun.

Kaya Mendadak Berkat Saham

Dalam bursa saham apapun bisa terjadi. Untung dan rugi merupakan bagian fluktuasi di lantai panas ini. Contoh yang nyata misalnya adalah twitter ini, para pemiliknya dalam hitungan jam saja mereka telah meraup keuntungan sangat besar. Dari kompas memberitakan pendiri twitter Evan Williams dan Jack Dorsey, serta CEO Twitter Dick Costolo adalah orang yang kaya mendadak berkat dari meroketnya saham Twitter. Jika dijumlah total besar saham twitter yang mereka punya naik US$ 4 miliar atau sekitar Rp 40 triliun.

Selain ketiga orang tersebut diatas ada seseorang yang juga mendapat berkah dari kenaikan saham twitter ini. Siapakah orangnya? Dia adalah Shail Rizvi pria asal India ini ternyata memiliki sekitar 15,6% saham twitter. Disebutkan pengusaha 47 tahun ini mendapat untung sebesar US$ 3,8 miliar atau setara dengan Rp 38 triliun.
Advertisement:

0 komentar:

Post a Comment