Home » » Indonesia Genjot Sektor Kewirausahaan Guna Bersaing Secara Global

Indonesia Genjot Sektor Kewirausahaan Guna Bersaing Secara Global


wirausahawan
Dari sedemikian banyak negara, Indonesia merupakan salah satu negara untuk penyumbang perekonomian dunia. Selain oleh banyaknya penduduk di Indonesia, ini juga di dukung oleh sumber daya alam yang sangat melimpah. Perekonomian kini disokong oleh banyaknya para wirausahawan yang berjiwa kreatif dan inovatif.

Banyak negara-negara di dunia saat ini tengah melakukan perubahan – perubahan sistim kewirausahaan, ini dimaksudkan agar laju cepat roda perekonomian itu bisa di dorong. Hal yang kongrit bisa dilihat dari negara Brasil dan Rusia yang mendorong pertumbuhan ekonomi dari kewirausahaan yang berputar pada pemberdayaan sumber daya alam (SDA), pengetahuan, industri kreatif, dan lainnya yang memang terlihat menunjukan tren yang positif.

Seperti yang dikatakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, Indonesia kali ini juga tidak mau ketinggalan untuk melakukan hal-hal tersebut guna untuk mengembangkan sektor kewirausahaan. Menurut pemikirannya hal tersebut akan menjadi sebuah pilar utama dari kemajuan roda perekonomian suatu negara dan juga meningkatkan kualitas ekonomi guna bersaing secara global dan mampu menjajari papan atas sebagai negara dengan perekonomian yang solid.

“Jadi yang dimaksud dengan kewirausahaan dalam hal ini adalah UMKM merupakan sebuah pilar utama bagi peningkatan kualitas ekonomi yang berperan bagi siklus inovasi yang berkelanjutan dan memenangkan persaingan global. Tanpa itu deliquit negara itu tidak akan maju,” ujar dia pada saat ditemui di kantornya, Jakarta, Kamis (4/7/12)

Hatta menambahkan bahwasanya UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) telah diperkirakan akan menyumbang pendapatan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia sebesar 98 persen.

Oleh sebab itu, ia mengatakan pemerintah akan terus mengenjot UMKM untuk menjadi usaha besar agar UMKM dapat berkembang juga meningkatkan pendapatannya agar Indonesia bisa menjadi maju.

Menurutnya, jika mempelajari Masterplan Percepatan Pengarahan Pembangun Ekonomi  Indonesia (MP3EI) untuk mampu menjadi negara maju Indonesia harus bisa mentransformasikan dasar ekonomi nasional yakni UMKM.

"Keseimbangan negara maju tumbuh subur, ini terbentuk atas kerja sama konstruktif dengan kelompok usaha kecil kreatif kelas entrepreneurship,“ ujarnya.

Advertisement:

0 komentar:

Post a Comment