Home » , » Ekonomi Internasional : Definisi, Ruang Lingkup, dan Tujuan

Ekonomi Internasional : Definisi, Ruang Lingkup, dan Tujuan

ekonomi internasional
Definisi Ekonomi Internasional


Ekonomi Internasional merupakan salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang membahas dan mempelajari serta menganalisa tentang transaksi dan permasalahan dalam ekonomi internasional itu sendiri yang melipu bidang ekspor dan impor. Tidak hanya itu, perdagangan serta keuangan dan moneter dan juga organisasi ekonomi baik swasta maupun milik pemerintah, serta kerja sama ekonomi antar negara termasuk di dalam ruang lingkup ekonomi internasional.

Dikarenakan ekonomi internasional adalah termasuk salah satu cabang ilmu ekonomi, maka adapun permasalahan yang timbul di dalamnya tidak jauh berbeda dengan permasalahan yang ada dalam penerapan ilmu ekonomi. Diantara permasalahan yang kami maksud adalah masalah pemilihan produk dan kelangkaan produk baik yang berupa barang maupun berupa jasa yang dibutuhkan oleh manusia.

Penyebab munculkan permasalah tersebut di atas adalah karena tinggunya permintaan serta penawaran terhadap kebutuhan dan juga keinginan yang bersifat tanpa batasan. Dan masalah ini bisa saja bersifat internasional jika permintaan dan juga penawaran produk atau jasa tersebut melibatkan hubungan antar negara.

Inilah mengapa studi ekonomi internasional sangat penting untuk dilakukan apalagi saat ini sedang gencarnya pengaruh dari globalisasi ekonomi di dunia yang kita semua tahu bahwa globalisasi ekonomi tersebut memiliki beberapa karakter berikut ini.


  • Kondisi pasar yang terbuka (liberasi pasar) dan banyaknya arus transfer uang yang semakin canggih berkat teknologi terkini.
  • Munculnya perusahaan yang bersifat Multi Nasional yang membawa dampak ketergantungan ekonomi suatu negara terhadap negara lain.
  • Timbulnya persaingan yang semakin ketat antar negara dan juga perusahaan dalam usahanya meningkatkan mutu produk, kinerja, keefektifan dan efisiensi.

Oleh sebab itu, studi ekonomi internasional sangat penting di lakukan dalam rangka menghasilkan indikator kekuatang suatu negara untuk turut bersaing dalam memperebutkan pasar global.

Ruang Lingkup Dari Ekonomi Internasional


Bicara mengenai ruang lingkup ekonomi internasional, maka dapat dikelompokkan menjadi beberapa hal di bawah ini.

1. Teori & kebijaksanaan dalam perdagangan nasional.
2. Teori & kebijaksanaan dalam bidang keuangan dan moneter internasional.
3. Pembentukan organisasi & kerja sama ekonomi internasional.
4. Perusahaan - perusahaan multi nasional.

Inilah Tujuan Ekonomi Internasional


Tujuan dari ekonomi internasional yaitu sebagai usaha untuk mencapai taraf kemakmuran setinggi - tingginya untuk umat manusia. Tujuan itu diharapkan dapat tercapai dengan cara melakukan kegiatan - kegiatan perdagangan, pengangkutan, investasi, perkreditan, diplosiasi, perasuransian, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa poin penting yang dapat kami rangkum untuk menjelaskan kepada anda mengenai ekonomi internasional yang memang saat ini sama  - sama kita merasakan dampak dari hasil penerapan ilmu ekonomi internasional tersebut dalam rangka menghadapi pasar global.
Advertisement:

0 komentar:

Post a Comment