Home » , , , » Dampak Perdagangan Internasional Terhadap Ekonomi Indonesia

Dampak Perdagangan Internasional Terhadap Ekonomi Indonesia

Ekonomi Indonesia - Pada artikel sebelumnya kami telah menyampaikan beberapa masalah ekonomi di Indonesia. Namun ternyata ada satu masalah lagi yang berdampak negatif terhadap kondisi perekonomian Indonesia, yaitu perdagangan internasional.

Menurut Wikipedia online, definisi dari perdagangan internasional adalah perdagangan yang dilakukan oleh penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain atas dasar kesepakatan bersama. Dan saya yakin kita semua sudah melihat atau bahkan ikut terlibat dalam aktifitas perdagangan internasional ini di lapangan.

Tanpa disadari, ternyata kegiatan perdagangan internasional ini memiliki dampak terhadap kondisi ekonomi Indonesia. Dampak yang diakibatkan tidak hanya dampak positif namun juga ada dampak negatifnya.


Inilah Dampak Positif Perdagangan Internasional Terhadap Ekonomi Indonesia.

  1. Terbukanya lapangan kerja baru.
  2. Meningkatnya devisa negara.
  3. Terdorong dan tergeraknya kegiatan ekonomi di dalam negeri.
  4. Terwujudnya kerja sama dan persahabatan antar negara dalam beberapa bidang.
  5. Berbagai barang dan jasa dapat diperoleh dengan harga lebih murah dan mudah.
  6. Terpenuhinya berbagai kebutuhan terhadap barang dan jasa.

Inilah Dampak Negatif Perdagangan Internasional Terhadap Ekonomi Indonesia.  

  1. Timbulnya ketergantungan terhadap produk-produk yang diimpor dari luar yang diproduksi oleh negara-negara maju. Akibatnya negara-negara maju tersebut dapat dengan semaunya memutuskan dan menetapkan peraturan dan kebijakan ekonomi yang cenderung merugikan negara Indonesia yang tergolong sebagai negara berkembang.
  2. Secara perlahan, industri dalam negeri kita mulai mundur disebabkan masyarakat lebih suka dengan produk-produk buatan luar negeri. Akibatnya adalah beberapa negara membuat suatu kebijakan untuk melindungi industri tersebut yang biasaya terwujud dalam bentuk subsidi, tarif, dan kuota.
 

Nah, ternyata perdagangan nasional itu selain memiliki dampak positif juga ada dampak negatifnya bagi kondisi ekonomi Indonesia ini. Bahkan kita sendiri mungkin lebih senang dengan beberapa macam produk buatan luar dari pada buatan dalam negeri sendiri. Lalu apa solusi yang bisa kita terapkan untuk membantu meningkatkan kondisi ekonomi di Indonesia? Sederhana saja, yaitu cinta produk buatan dalam negeri.


Cinta Produk dalam Negeri bantu Wujudkan Peningkatan Ekonomi Indonesia


Mencinta produk dalam negeri inilah merupakan hal terkecil dan paling sederhana yang bisa kita lakukan sebagai warga negara yang baik. Bukankah demikian? Bagaimana menurut anda?
Advertisement:

1 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete